PERUMAHAN WEB

Disnaker Medan Latih Pencari Kerja  Berwirausaha Mandiri

oleh
Plt Kadis Ketenagakerjaan Ilyan Chandra Simbolon memberikan penghargaan kepada salah satu peseta yang mengikuti pelatihan. Dan (kanan) para Peserta foto bersama usai mengikuti pelatihan. (Kominfo Medan for Posmetromedancom)

POSMETROMEDAN.com – Disnaker (Dinas Ketenagakerjaan) Pemko Medan di bawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution terus berupaya untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan.

Salah satunya adalah di bidang ketenagakerjaan dimana Bobby Nasution komitmen untuk memberikan Pelatihan Gratis gagi warga Kota Medan khususnya para pencari kerja.

Komitmen Bobby Nasution dalam meningkatkan SDM ini ditindaklanjuti oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Medan. Berbagai pelatihan dan pendampingan dilakukan untuk para pekerja digelar baik secara mandiri maupun  berkolaborasi dengan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas  (BBPVP) Medan dibawah Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Plt Kadis Ketenagakerjaan Ilyan Chandra Simbolon menjelaskan, bahwa pihaknya telah melakukan berbagai pelatihan untuk para pencari kerja sesuai dengan bidangnya. Pelatihan ini digelar selain meningkatkan kualitas SDM juga untuk menambahkan skill dan kemampuan serta sertifikasi pencari kerja sebelum bekerja. Kemudian pendampingan dan membantu penempatan kerja, artinya tidak hanya melatih, pihaknya juga memfasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan informasi pasar kerja maupun berwirausaha.

BACA JUGA..  Disnaker Medan Usulkan 30 Ribu Pekerja Informal Masuk BPJS TK

“Pelatihan yang kita lakukan memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas SDM sehingga memiliki skill dan kemampuan dengan tujuan akhirnya yakni Berwirausaha dan bekerja di perusahaan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di kota Medan. Untuk penempatan kerja, mereka yang sudah dilatih akan kita fasilitasi untuk mendapatkan pekerjaan melalui penyebarluasan info lowongan kerja, jobfair dan bahkan penempatan tenaga kerja ke luar negeri,” jelas Plt Kadis Ketenagakerjaan Ilyan Chandra Simbolon didampingi Kabid Pelatihan Disnaker Ramadhan di kantornya, Jumat (4/11).

Dijelaskan Illyan Chandra Simbolon, terdapat dua metode pelatihan yang dilakukan Disnaker, selain menggunakan APBD Kota Medan, pelatihan juga dilakukan dengan berkolaborasi dengan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan dibawah Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Untuk pelatihan menggunakan APBD, lanjut Illyan Chandra Simbolon, ada beberapa Pelatihan pelatihan berbasis kompetensi yang dilakukan meliputi kejuruan desain grafis dan sablon, Pelatihan keterampilan Tata boga, pelatihan perhotelan dan pariwisata, Pelatihan Content Creator, pelatihan digital marketing, pelatihan barbershop, pelatihan reparasi AC/kulkas, pelatihan alat berat dan pelatihan K3 serta melalui program pemagangan.

BACA JUGA..  Dishub Medan Apresiasi Gerak Cepat Kepolisian Tangkap Pungli Parkir

“Jumlah calon pekerja yang mengikuti seluruh pelatihan yang digelar Disnaker  berjumlah 143 orang. Dari jumlah tersebut 40,2 persen telah bekerja,18,4 persen usaha mandiri dan 41,4 belum bekerja dan terus difasilitasi untuk mendapatkan pekerjaan.
Mereka dilatih oleh para ahli di bidangnya masing-masing. Antusias pencari kerja mengikuti pelatihan ini sangat bagus, mereka dengan tekun dan semangat mengikuti pelatihan tersebut,” Ujar Illyan Chandra Simbolon.

Plt Kadisnaker menambahkan Pelatihan yang digelar berkolaborasi dengan Balai Besar Pelatihan dan Vokasi Medan Kementerian Ketenagakerjaan RI, ada 13 pelatihan diantaranya Housekeeping, Cookery, Pastry, Cabinet Maker, Barista, Spa Therapist, Cabinet Maker, Autocad, Produktivitas, Housekeeping for Medis, Forklift, Mobile Training Unit Barista dan Upskilling Barista.

“Total pekerja yang mengikuti pelatihan ini berjumlah 184 orang dan yang telah bekerja dan berwirausaha sebanyak 118 orang. Ini kita fasilitasi dan ditempatkan di berbagai perusahaan yang ada di kota medan,” Sebutnya.

BACA JUGA..  Dewan Dorong Disdikbud Medan Wujudkan Pendidikan Akademi Komunitas

Illyan Chandra Simbolon menyampaikan
Kedepannya Disnaker akan terus membangun link and match antara pencari kerja dan industri, dengan platform digital untuk menghubungkan pencari kerja dan pemberi kerja, dan optimalisasi digitalisasi pelayanan kepada masyarakat khususnya dibidang ketenagakerjaan, guna terwujudnya visi dan misi bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution yang berkomitmen meningkatkan kualitas SDM di Kota Medan yang nantinya juga akan berdampak dalam mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Medan.

“Pelatihan yang telah berlangsung dalam beberapa waktu kemarin  adalah Pelatihan Barbershop dan Barista khusus warga Kecamatan Medan Belawan. Untuk Pelatihan Forklip saat ini masih berlangsung sampai dengan tanggal 19 Nopember 2022,” ujar Plt Kadis Ketenagakerjaan. (*)

Reporter: Ali Amrizal
Editor: Maranatha Tobing