PERUMAHAN WEB

Ini Tips #Cari_ Aman Melintasi Jalan Rusak

oleh
Seorang pengendara sepeda motor sedang melintasi jalanan pegunungan yang tidak merata. (AHM for Posmetromedan.com)

POSMETROMEDAN.com – Saat berkendara di jalan raya, para pengendara motor tentunya sudah siap dengan segala jenis kondisi medan yang akan dilalui. Mulai dari kepadatan jalan hingga kualitas jalan yang dapat mempengaruhi aktivitas saat berkendara.

Dimana berbagai kondisi jalan tersebut mengharuskan para pengendara untuk lebih waspada dan memiliki pengetahuan cara menghadapinya, terutama sekali saat menghadapi kondisi jalan yang rusak, seperti halnya jalan berbatu, bergelombang, berlubang, dan penuh genangan.

Ismed Risya, Tim Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, pada dasarnya tidak ada cara khusus yang harus dilakukan pada saat melewati kondisi jalan yang rusak.

BACA JUGA..  Khusus Pengguna dan Penyedia Barcode, BI Tekankan Penyalahgunaan QRIS Tanggungjawab Bersama

Namun meskipun begitu, penting untuk setiap pengendara selalu waspada dan memiliki respon yang cepat saat akan melewati kondisi jalan yang rusak, karena selain berbahaya juga dapat mengancam  keselamatan pengendara.

Ada sejumlah cara berkendara saat melintasi jalan yang terbilang rusak.

Pertama, ketika mengetahui jalan di depan rusak seperti berlubang, ada baiknya untuk pengendara melajukan kendaraan secara perlahan sebelum sampai di titik jalan yang berlubang.

Selain itu, sebaiknya tidak menginjak rem terlalu kuat pada saat ban memasuki lubang, karena ban dan velg akan menerima benturan yang kuat dari pinggir lubang.

Kedua, sangat penting menjaga jarak dengan kendaraan lain saat melintasi jalan dengan kondisi rusak. Karena apabila jarak kendaraan terlalu dekat, dikhawatirkan akan terjadi benturan ketika kendaraan di depan melakukan pengereman mendadak dan pengemudi tidak siap merespon kondisi tersebut.

BACA JUGA..  Eksplorasi Teknologi Biometrik Palm Scanner, Telkomsel Jalin Kolaborasi Bersama Cloud dan MCASH

Selain itu, dengan menjaga jarak dengan kendaraan lain, maka pengendara juga akan lebih mudah melihat kondisi jalan yang akan dilalui dan lebih cepat mengantisipasi kondisi jalan yang rusak.

Ketiga, pada saat berkendara di jalan yang rusak, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah untuk tetap waspada dan menjaga konsentrasi. Karena dua hal tersebut akan menjadi bekal untuk dapat berkendara aman, nyaman dan sampai tujuan dengan selamat.

Keempat, saat kondisi jalan rusak dan berlubang, maka pengendara sebaiknya perhatikan kedalaman lubang dan bandingkan dengan ketinggian ground clearance kendaraan yang dikemudikan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kendaraan di depan saat melewati lubang tersebut, agar pengendara bisa memperkirakan dampak yang akan diterima kendaraan.

BACA JUGA..  Honda Luncurkan All New Honda BeAT dengan Desain dan Fitur Keamanan Baru

Ismed Risya mengungkapkan, ketika kita dihadapkan dengan jalan yang rusak saat berkendara, maka yang harus dilakukan tetap #Cari_aman untuk melindungi keselamatan.

Selain dibutuhkan skill berkendara, kondisi motor yang prima juga tentunya akan sangat mendukung terciptanya berkendara aman dan nyaman. Karenanya, selalu ingat untuk melakukan perawatan motor kesayangan secara berkala dari ahlinya di bengkel resmi AHASS. (*)

Reporter: Budi Hariadi
Editor: Maranatha Tobing