KPU Ajak Masyarakat Bantu Tingkatkan Kualitas Data Pemilih

oleh -72 views

POSMETROMEDAN.com – KPU ajak masyarakat bantu tingkatkan kualitas data pemilih, dalam mempersiapkan Pilkada mendatang. Melalui Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Bawaslu, Dinas Pertamanan, Partai Politik dan pihak terkait lainnya, Komisi Pemilihan Umum Kota Medan bertujuan untuk menerima masukan dan tanggapan terkait proses Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Tahun 2021.

Dalam rakor ini juga disampaikan hasil penetapan rekapitulasi  PDPB untuk September 2021 yakni berjumlah 1.616.208 pemilih.

“Ini rakor ketiga yang dilaksanakan KPU Kota Medan selama tahun 2021. Kami masih menemukan respon yang minim dari masyarakat terkait PDPB.  Jadi dalam kesempatan ini, kami sangat mengharapan masukan dari para peserta rakor yang hadir pada hari ini (Kamis),” ujar Ketua KPU Kota Medan, Agussyah R Damanik, pada pembukaan kegiatan rakor di Kantor KPU Kota Medan Jalan Kejaksaan No. 37, Kamis (30/9).

BACA JUGA..  Indo Smart City Forum dan Expo 2021, Kahiyang: Motivasi Dorong UMKM Tingkatkan Produk

Kegiatan ini dilaksanakan secara berkala setiap tiga bulan sekali sesuai dengan  dengan Surat Edaran KPU RI Nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 pertanggal 21 April 2021 yang merupakan perubahan Surat Edaran KPU RI Nomor 132 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021.

Anggota KPU Kota Medan Divisi  Program, Data dan Informasi, Nana Miranti  menambahkan Sesuai dengan intruksi KPU RI melalui KPU Provinsi, setiap akhir bulan KPU Kota Medan diminta untuk melakukan rapat pleno rekapitulasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan secara internal untuk selanjutnya hasil rekapitulasi tersebut disampaikan ke Bawaslu, Partai Politk dan Disdukcapil. Serta melakukan rapat koordinasi dengan stockholder secara berkala setiap 3 (tiga) bulan sekali terkait PDPB.

“Sejak proses PDPB ini dilakukan KPU Kota Medan Maret hingga September ini, Kami masih sangat minim menerima respon dan tanggapan masyarakat. Selama ini masukan terhadap perbaikan data pemilih dilakukan dengan jemput bola secara langsung dengan melibatkan para mantan panitia tenaga ad-hock pilkada 2020 lalu yang diantaranya ada merupakan tokoh masyarakat atau kepling (Kepala lingkungan). Namun hasilnya masih belum maksimal,” terangnya.

BACA JUGA..  Mulai 18 Oktober, 8 Kawasan Parkir Dialihkan dengan Pembayaran Nontunai

Berdasarkan tanggapan yang ada KPU Kota Medan menetapkan rekapitulasi  PDPB untuk bulan September berjumlah 1.616.208 pemilih. Jumlah ini ditetapkan pada rapat pleno internal KPU Kota Medan dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 788.997 orang dan pemilih perempuan berjumalah 827.211 orang yang tersebar di 21 kecamatan dan 151 kelurahan.

Untuk diketahui proses PDPB ini bertujuan untuk memperbarui data pemilih seperti menambahkan pemilih baru yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih namun belum terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan serentak 2020 lalu, menghapus data pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat karena meninggal, pindah domisili, ganda, menjadi TNI/Polri dan lain-lain, serta dapat juga melakukan perubahan elemen-elemen data pemilih.

BACA JUGA..  Tahun 2022 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bakal Buat Koleksi Digital

“Kami terus menunggu tanggapan dan respon dari masyarakat. Bisa disampaikan langsung ke posko Layanan di Kantor KPU Medan Jalan Kejasaan Nomor 37, atau melalu online di hhtp://bit.ly/kpukotamedan atau menghubungi nomor call center KPU Kota Medan 0812 6505 5075. Mudah-mudahan dengan adanya beberapa cara pelaporan ini, bisa lebih banyak respon dan tanggapan masyarakat untuk data pemilih yang lebih baik dan berkualitas,” ucapnya. (ali)

EPAPER