Rayakan HUT ke-2, Pemuda Karya Nasional Samosir Tanam Pohon di Hutan Tele

oleh -257 views

POSMETROMEDAN.com – Rayakan HUT ke-2 tahun (1 Oktober 2021), Pemuda Karya Nasional (PKN) Samosir menanam pohon di Tele, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Organisasi kepemudaan yang memilih jati diri sebagai penyalur aspirasi masyarakat itu, mengaku bersifat sukarela, sosial, mandiri, nirlaba, demokratis dan independen dalam menjalankan fungsinya.

Diusia yang masih muda sejak didirikan 1 Oktober 2019 – 1 Oktober 2021 (2 tahun) ulang tahun yang bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKN Kabupaten Samosir bersama seluruh anggota ikut membantu pemerintah dalam hal perbaikan lingkungan. Menanam pohon di Hutan Tele menjadi kegiatan dalam rangka merayakan hari jadi.

BACA JUGA..  BKKBN Sosialisasi Pendataan Keluarga di Binjai Timur

Sebelum melakukan penanaman pohon, kader PKN Samosir mengucapkan Selamat Ulang Tahun Pemuda Karya Nasional yang ke 2 tahun. “Selamat Ulang Tahun Pemuda Karya Nasional yang ke 2 tahun. PKN…. MAJU, JAYA, ABADI,” ucap ratusan kader PKN Samosir secara bersama sama.

Ketua DPC PKN Kabupaten Samosir, Jemmi Pernando Simbolon mengatakan, kegiatan menanam pohon sangat berguna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam pohon dan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sehingga dapat menurunkan pemanasan global.
“Pohon mempunyai fungsi yang sangat penting dalam upaya meredam kenaikan gas rumah kaca penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim,” terang Jemmi P Simbolon.

BACA JUGA..  Wabup Deliserdang Monitoring Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Beringin

Tidak sekedar menanam pohon, PKN Samosir juga mendidik masyarakat cara menanam pohon dan melindungi hutan.

“PKN menegaskan bagi masyarakat yang ingin menebang pohon maupun pemanfaatan nya?, tidak boleh sembarangan. Harus ada izin dari kepala desa dan pihak pihak terkait,” pinta Jemmi P Simbolon,

Tak lupa juga Jemmi P Simbolon mengajak kepada seluruh kader kader PKN hingga ke tingkat ranting (desa), untuk tetap memberi edukasi kepada masyarakat pentingnya penanaman pohon dan pelestarian Hutan, karena kabupaten Samosir memiliki hutan yang luas.

BACA JUGA..  Pemkab Deliserdang Kembali Terima Penghargaan dari Kemenkeu RI

“Kepada semua kader PKN Samosir, untuk memberi edukasi kepada masyarakat akan pentingnya penanaman pohon dan pelestarian hutan, karena kabupaten Samosir kita ini hutan nya luas sekali,” ajak Jemmi P Simbolon seraya mengepalkan tangan kanannya sambil meneriakan yel yel PKN, MAJU JAYA ABADI.

Pantauan wartawan, ratusan kader Pemuda Karya Nasional kabupaten Samosir di 9 kecamatan secara bersama sama melakukan penanaman pohon durian, jengkol di hutan Tele, seraya menyanyikan lagu mars PKN. (sms/gib)

EPAPER