Akibat Pandemi Covid-19, Warga Tidak Mampu Bayar Iuran BPJS Kesehatan

oleh -146 views

POSMETROMEDAN.com – Akibat pandemi Covid-19, warga tidak mampu membayar iuran BPJS Kesehatan. Sehingga saat ini banyak masyarakat tidak memiliki fasilitas kesehatan.

Hal itu diungkapkan Anggota DPRD Medan, Rudiawan Sitorus. Menurutnya, persoalan yang terjadi di masyarakat Kota Medan yang ditengarai sebagai efek dari pandemi Covid, sangat kompleks.

Banyak di antara warga Kota Medan mengaku gegara covid-19, tidak sanggup lagi membayar BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) secara mandiri, kemudian banyak warga tidak lagi memiliki fasilitas BPJS Kesehatan akibat di PHK oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

BACA JUGA..  Angkot Trayek 123 Dihantam KA: Ini Data-data Korban Tewas dan Selamat

“Permasalahan ini kami temukan dalam reses dan sosialisasi peraturan daerah di beberapa kawasan di Dapil I Kota Medan yang meliputi Medan Barat, Helvetia, Petisah, dan Medan Baru, warga menyampaikan sudah tidak mampu membayar iuran BPJS secara mandiri karena masalah perekonomian,” ungkapnya kepada sejumlah wartawan, kemarin (20/10).

Disampaikan anggota Komisi III DPRD Medan ini, selain permasalahan tidak sanggup lagi membayar iuran BPJS Mandiri, warga juga banyak yang tidak lagi terdaftar kepesertaan di BPJS Kesehatan karena sudah kehilangan pekerjaan.

BACA JUGA..  Sambut Libur Natal dan Tahun Baru, Poldasu Dirikan 121 Pospam

“Kemudian ada lagi warga yang menyampaikan tidak lagi memiliki fasilitas BPJS Kesehatan karena sudah tidak lagi bekerja, sebelumnya mereka mendapat fasilitas BPJS sekeluarga dari perusahaan,” bebernya.

Politisi PKS Kota Medan ini mengatakan, banyak warga harus menguras uang hingga ratusan ribu setiap bulannya untuk membayar BPJS. “Ada satu keluarga harus membayar lima orang, paling sedikit tiga orang. Karena kehilangan pendapatan dan pekerjaan mereka terpaksa tidak lagi membayar BPJS Kesehatan,” terangnya.

BACA JUGA..  Satu Korban Angkot Maut Belum Dijemput Keluarga

Dari informasi yang disampaikan warga, sejak dua tahun mereka sudah ada yang tidak membayar BPJS. “Mereka ada yang sudah tidak membayar BPJS sejak setahun lalu, ada yang baru beberapa bulan dan bahkan ada yang sudah dua tahun tidak lagi membayar BPJS Kesehatan,” tukasnya.(bdh/ali)

EPAPER