Upacara Bendera HUT RI Ke-76 akan Digelar Sederhana

oleh -143 views

POSMETROMEDAN.com – Mengingat situasi masa pandemi serta masih adanya peningkatan jumlah kawasan zona merah sebaran virus Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Karo, perayaan HUT RI ke-76 direncanakan digelar secara sederhana.

Kegiatan hanya difokuskan terhadap upacara pengibaran bendera. Sementara kegiatan lain ditiadakan. Hal itu juga menyikapi surat edaran (SE) Gubernur Sumut Nomor: 003.3/7477/ 2021 Tentang Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2021.
Bahwa pada Pasal 3 poin c dan d, di SE tersebut menyebutkan, Kepala Daerah/Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kantor/Lembaga yang ada di daerah wajib mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta secara Virtual dari kantor masing-masing setelah melaksanakan upacara di daerah.

Pimpinan tinggi pratama atau sederajat dan pegawai di instansi pusat maupun daerah, wajib mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera sang Merah-Putih, yang ditayangkan di Rumah Digital Indonesia (www.rumahdigitalindonesia.id) dan stasion televisi dari tempat tinggal masing-masing.

BACA JUGA..  Percepat Penurunan Stunting, BKKBN Data Warga Besitang Langkat

Pada tanggal 17 Agustus 2021 pukul 10 : 17 Wib samapai dengan pukul 10 : 20 Wib (selama 3 menit) kepada segenap masyarakat indonesia wajib menghentikan aktivitas sejenak.

Untuk Platform Rumah Digital Indonesia (www.rumahdigitalindonesia.id) tersebut dapat diakses masyarakat mulai tanggal 1 agustus 2021.

Hal itu diungkap Jhonson Tarigan selaku Kadis Infokom Kabuoaten Karo saat ditanya awak media, tentang apa saja agenda kegiatan Pemkab Karo dalam menyambut HUT RI Ke 76 tahun. Kamis, (12/08/2021)

BACA JUGA..  Bobby Harapkan Target Tercapai, Sekolah Tatap Muka Dapat Digelar

Menurutnya, “Rangkaian acara peringatan HUT RI ke 76 di Pemkab Karo adalah, mengikuti pidato kenegaraaan di gedung DPRD, pengukuhan paskibraka, upacara bendera 17 Agustus di kantor bupati, mengikuti detik proklamasi di KCC dan  Upacara Penurunan Bendera sang saka merah putih. Untuk itu seluruh acara dengan peserta terbatas sesuai protokol kesehatan,” ujarnya.

BACA JUGA..  DPC Projo dan Masyarakat Datangi BPN Karo, Serahkan Bukti Dugaan Pelanggaran PT BUK

Saat ditanya apakah kegiatan seperti atraksi kesenian, perlombaan dan pertunjukan lainnya tetap di tiadakan? Kadis kominfo mengatakan, tidak ada kegiatan-kegiatan tersebut.

“Mengingat situasi sekarang ini masih dalam masa pandemi Covid-19 dan himbauan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta masih adanya peningkatan jumlah wilayah kelurahan berstatus zona merah sebaran virus Covid-19. Maka tidak ada diadakan kegiatan perayaan lainnya. Kami menghimbau kepada masyarakat agar mengikuti acara detik – detik proklamasi kemerdekaan RI dari rumah masing-masing melalui siaran televisi dan media lainnya,” beber Jhonson Tarigan. (lean)

EPAPER