Penggugat Tak Hadirkan Saksi Ahli, Sidang Lobu Sitompul Ditunda

oleh -127 views

POSMETROMEDAN.com – Penggugat tidak bisa menghadirkan saksi ahli dalam sidang lanjutan sengketa perdata ‘Lobu Sitompul’, Kamis (12/8). Alasannya karena sakit. Persidanganpun ditunda hingga Jumat (20/8) mendatang.

Adalah Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Padangsidimpuan Lucas Sahabat Duha SH, MH didampingi Hasnur Tambunan SH, MH dan Rudi Rambe SH, MH sebagai anggota Majelis Hakim dan Heri Chandra sebagai Panitera Pengganti, yang menunda acara sidang itu.

“Persidangan diundur menjadi tanggal 20 Agustus 2021 mendatang yang dimulai pukul 09.00 Wib, dengan agenda menghadirkan saksi ahli dari pihak penggugat,“ sebut Ketua Majelis Hakim.

Pada sidang perkara perdata No Register 39/PDT.G/2020/PN.PSP, menghadirkan pihak penggugat melalui Tim Hukum Parsadaan Raja Toga Sitompul se Indonesia Rumbi Sitompul, SH, diwakili anggota Tim Kuasa Hukum Penggugat, Hendri Pinayungan Sitompul SH, dkk. Sementara pihak tergugat menghadirkan kuasa hukum PT.NSHE Tapsel Rinaldi, SH, dari Kantor Hukum Hasrul Benny Harahap dan Rekan diwakili Akhmad Johari Damanik,SH.

BACA JUGA..  Sebesar 2,3 Triliun Perubahan APBD Langkat, Sah Jadi Perda

Amatan awak media, perjalanan sidang yang hanya sebentar itu, juga tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Usai persidangan, Kuasa Hukum PT.NSHE Tapsel Rinaldi, SH, dari Kantor Hukum Hasrul Benny Harahap dan Rekan diwakili Akhmad Johari Damanik,SH menyampaikan, pihaknya menerima keputusan hakim terkait penundaan sidang selama satu minggu ke depan, karena saksi ahli penggugat belum hadir.

“Hari ini saksi ahli dari penggugat tidak hadir. Majelis menunda selama seminggu. Yang jelas, kami juga sudah menyiapkan saksi ahli, sehingga, seandainya sidang ke depan saksi penggugat juga tidak hadir lagi kita tinggal usulkan kesediaan waktu dari ahli kami. Namun, untuk hari ini majelis memutuskan menunda, “ jelasnya.

BACA JUGA..  Sidang Sengketa Lahan PLTA Batangtoru Digelar, Agenda Keterangan 4 Saksi Tergugat

Disampaikan, dari hasil persidangan sebelumnya, bahwa para saksi penggugat tidak mengetahui apa dasar klaim objek dari Lobu Sitompul. Apakah mereka ada sertifikat ataupun hak lainnya itu tidak diketahui saksi. Saksi juga tidak mengetahui secara persis batas-batasnya.

Juga tidak mengetahui terkait dengan dasar 3200 hektar yang diklaim mereka sebagai lahan Lobu Sitompul. Dan saksi menerangkan di dalam keterangannya berdasarkan penjelasan atau cerita dari orang lain.

BACA JUGA..  Dolly Tinjau Seleksi Kompetensi Guru P3K di Tapsel

Kemudian, terhadap lahan proyek pelaksanaan PLTA Batangtoru tersebut sudah terbit sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) yang tidak ada sama sekali bersinggungan dengan lahan yang diklaim oleh pihak Lobu Sitompul.

“Dari keterangan para saksi penggugat tersebut, maka jelas kredibilitas saksi yang dihadirkan patut dipertanyakan. Apa yang saksi nyatakan saat persidangan berbeda dengan apa yang dia tulis. Dalam bukti tertulis, ia menuliskan batas-batas lahan Lobu Sitompul tetapi dalam persidangan justru dikatakan tidak tahu menahu atas batas-batas lahan Lobu Sitompul. Kedua hal ini sangat kontradiktif. Dari hal tersebut, kita bisa menilai sendiri kredibilitas saksi yang dihadirkan oleh pihak penggugat, “beber Akhmad Johari, SH. (ran)

EPAPER