Bripka JA Tewas Dimassa, Kelompok Begal Iwan Kingkong Dibongkar

oleh -299 views
Yudi Wibowo

POSMETROMEDAN.com – Polisi terus melakukan pengusutan kasus anarkis kawanan debtcollector, yang berujung meninggalnya Bripka JA akibat tertangkap dan diamuk massa.

Hasilnya, pihak kepolisian menguak hal mengejutkan. Dimana, orang-orang yang bersama Bripka JA saat mengambil paksa sepeda motor di Dusun Lestari, Desa Pasar Lima Kebun Kelapa, Kecamatan Beringin, Deliserdang, Kamis (22/7/2021) ternyata debtcolector gadungan.

Terungkap, kawanan tersebut adalah spesialis begal. Mereka biasa menyaru sebagai debtcollector saat beraksi.

Sasaran mereka adalah anak muda dan wanita. Dan kelompok ini dikenal sebagai kelompok Iwan Kingkong.

Terbongkarnya keberadaan kelompok begal itu berkat tertangkapnya Yudi Wibowo (40), warga Jalan Gurli, Gang Kasram, Kelurahan Sei Kera Hilir II, Medan Perjuangan.

BACA JUGA..  Terinspirasi Film Porno, Remaja 16 Tahun Cabuli 2 Bocah Bersaudara

Dia diciduk petugas dari persembunyiannya kawasan Jalan AH.Nasution, Gang Permai IV, Kelurahan Kuala Bekala, Medan Johor. Yudi merupakan satu dari tujuh rekan Bripka JA, yang berhasil lolos dari kejaran warga.

Dalam keterangannya di Mapolresta Deliserdang, Yudi Wibowo mengaku sebagai anggota kelompok Iwan Kingkong, begal sepeda motor yang menyamar sebagai debtcolector perusahaan leasing.

Mereka beranggotakan 10 orang. Target kelompok ini, dalam sehari sedikitnya merampas 2 unit sepedamotor.

Mereka sudah sering beraksi di wilayah hukum Polresta Deliserdang. Sedang untuk aksi di luar Deliserdang masih didalami.

“Untuk daerah yang sudah berhasil di Jalan Desa Sekip, Kecamatan Lubukpakam saja sudah ada empat sepeda motor warga yang dirampas paksa,” ucap Kasatreskrim Polresta Deliserdang, Kompol Muhammad Firdaus Sik dalam keterangan persnya, Minggu (15/8/2021).

BACA JUGA..  Ngaku Frustasi Ditinggal Kekasih, Anak Madina Cabuli 4 Bocah di Masjid

“Tersangka YW ini merupakan kelompok debtcollector Iwan Kingkong menurut pengakuannya. Mereka satu komplotan ada 10 orang dan sisanya ada delapan orang lagi kita kejar, di antaranya berinisial A,K,S,IK,Y,H,F dan S,” tegas Kasatreskrim.

Dari 10 orang komplotan Iwan Kingkong ini, lanjutnya, satu oknum polisi Polres Belawan berinisial JA meninggal dunia akibat dimassa warga.

Diberitakan sebelumnya, Brika JA menghembuskan nafas terakhirnya setelah sekitar 2 minggu menjalani perawatan di RS Bhayangkara. Almarhum mengalami luka serius dan sekarat usai dihakimi massa, saat berusaha mengambil paksa kendaraan yang dikemudikan korban bernama Winda Lestari.

Dalam keterangannya, korban mengaku dibuntuti delapan orang pria dari Jalan Batang Kuis hingga sampai Jalan Rahayu, Desa Pasar V Kebun Kelapa. Setiba di lokasi, dia dipepet dan diminta paksa menyerahkan kereta yang dikendarainya dengan dalih telah menunggak cicilan kredit.

BACA JUGA..  Polsek Medan Kota Tangkap Bandit Sabu

Saat kejadian, Winda memberanikan diri berteriak minta tolong meski telah dibawah ancaman senjata tajam. Teriakannya berhasil menarik perhatian warga sekitar dan pengguna jalan, hingga membuat para pelaku ketakutan dan memilih kabur. Sial bagi Bripka JA, dia tertangkap warga dan dihakimi.

Akibat amuk warga, Bripka JA sekarat dan menjalani perawatan intensif di RS Bhayangkara Medan. Sempat 2 minggu berjuang bertahan hidup, dia akhirnya meregang nyawa.(asw/ras)

EPAPER