300 PHL Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karo Tidak Tercover BPJS TK

oleh -90 views

POSMETROMEDAN.com – Hingga saat ini, sebanyak 300 Pekerja Harian Lepas (PHL) di Dinas Kebersihan Kabupaten Karo tidak terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara jaminan sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Hal ini sangat miris, mengingat pekerjaan PHL di lapangan rentan dengan kecelakaan kerja.

Esron Saragih selaku Kepala Bidang Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, kepada wartawan mengatakan, jumlah PHL di kota Kabanjahe, Berastagi dan beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Karo, termasuk sopir truck sampah yang berjumlah 28 unit dan angkutan sampah roda tiga (Viar),  hampir 300 orang.

Esron Saragih mengakui belum semua PHL yang bekerja di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan terdaftar sebagai peserta penerima manfaat BPJS Ketenagakerjaan.

BACA JUGA..  Koramil Tiga Juhar Tetap Ingatkan Warga Patuhi Prokes

“BPJS TK sudah beberapa kali mengadakan sosialisasi ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan,” katanya.

Dari pengakuan beberapa petugas sapu jalan yang ditemui di Kota Kabanjahe, Jumat (27/8/2021), mereka kebanyakan bekerja diatas 3 tahun bahkan ada yang diatas 5 tahun.

Kepada wartawan media ini, mengatakan belum pernah menerima kartu tanda peserta BPJS Ketenagakerjaan yang menjamin pengobatan kecelakaan kerja dan kematian.

BACA JUGA..  Bupati Langkat Tinjau Seleksi PPPK, Buka MTQ dan Hadiri Paripurna Pengesahan Perda serta Lepas Atlet PON

Dikatakannya, bahwa selama bekerja sudah ada rekan mendapat kecelakaan saat kerja, bahkan sudah beberapa yang meninggal dunia.

“Ada yang pernah mendapat musibah dalam bekerja dan ada yang udah meninggal, semua tak ada dapat jaminan apa-apa bang. Kalau dapat musibah obatin sendiri pake biaya sendiri bang. Kami sangat membutuhkan jaminan kecelakaan dan kematian itu bang,” kata seorang PHL perempuan (ibu-ibu) yang mengaku udah 5 tahun PHL di dinas kebersihan.

BACA JUGA..  Dolly Tinjau Seleksi Kompetensi Guru P3K di Tapsel

Sementara di tempat terpisah, Redy Paska Sinulingga Kepala Cabang Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Tanah Karo, Pakpak Bharat dan Dairi, mengakui sampai saat ini semua pegawai dan PHL Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tanah Karo belum ada terdaftar sebagai peserta BPJS Tenaga Kerja.

“Kami telah beberapa kali melakukan sosialisasi pentingnya para pekerja untuk ikut sebagai peserta program jaminan sosial BPJS TK,” katanya singkat. (mrk)

EPAPER