Pendaftaran SMA Negeri Dilaksanakan Melalui Online

oleh -88 views

POSMETROMEDAN.COM Tahun ini (2021) pendaftaran untuk peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA sederajat dilaksanakan secara online.

PPDB untuk SMA Negeri dimulai 7 Juni, sedangkan SMK Negeri dimulai 20 Juni. PPDB online dapat diunduh aplikasinya melalui hand phone android dari google play store maupun app store. Guna mendapatkan informasi lainnya bisa dilihat pada website https://ppdb.disdik.sumutprov.go.id.

Jalur pendaftaran PPDB tahun pelajaran 2021/2022 ini meliputi zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali dan jalur prestasi.

Disampaikan Kepala Cabang Dinas Stabat Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, M. Basir S Hasibuan, Jalur zonasi diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berdomisili didalam zona atau luar sekolah berdasarkan alamat pada Kartu Keluarga (KK).

BACA JUGA..  Pokok Pikiran Anggota Dewan Diharapkan Jadi Prioritas Pembangunan

“Kalau jalur afirmasi diperuntukkan bagi keluarga tidak mampu dan penyandang disabilitas,” terang Hasibuan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar Komisi B DPRD Langkat di Ruang Rapat DPRD Langkat, Rabu (2/6/2021).

Sedangkan, jalur perpindahan tugas orang tua/wali calon peserta didik kuotanya 2 persen. Jalur prestasi nilai akademik dengan kuota 25 persen untuk SMA dan 65 persen untuk SMK.

BACA JUGA..  Bupati Langkat Sampaikan Cepaian Pembangunan ke KPK RI

“Selain berdasarkan nilai akademik, jalur prestasi juga dilihat berdasarkan prestasi hasil lomba, baik lomba akademik maupun non akademik,” papar Basir menjelaskan secara detail.

RDP Komisi B ini dipimpin Ketua DPRD Langkat Sribana Perangin Angin, dihadiri Ketua Komisi B Sandrak Herman Manurung, Anggota Komisi B Ahmad Senang, dan Husein Sidik Tarigan.

Dari Pemkab Langkat hadiri Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Basrah Pardomuan dan Kepala Dinas Pendidikan Langkat H. Syaiful Abdi.

Ketua DPRD Langkat mengharapkan, PPDB di Langkat dapat berjalan dengan baik karena telah tersistem. Ia menginginkan anak-anak yang berprestasi dapat tertampung sesuai dengan kuotanya sehingga kualitas pendidikan Kabupaten Langkat kedepannya lebih baik.

BACA JUGA..  Koramil Kutalimbaru Operasi Yustisi Gakplin di Pasar Tradisional

“Diharapkan lulusan SMA dan SMK dari Kabupaten Langkat nantinya dapat masuk di perguruan tinggi negeri,” ujar Sribana.

Senada, Sandrak Herman Manurung selaku Ketua Komisi B mengingatkan, Dinas Pendidikan Langkat dan beberapa Kepala Sekolah yang hadir dalam RDP, agar dapat bersama-sama menyampaikan informasi ini ke masyarakat luas.

“PPDB online ini untuk mempermudah, jadi mari dipersiapkan akses-akses untuk mendaftar,” pintanya.(yan)

EPAPER