Personil Sat Polair Polres Tanjungbalai Patroli TKI Ilegal

oleh -98 views

POSMETROMEDAN.com – Untuk mengantisipasi adanya TKI Ilegal yang keluar masuk melalui kapal serta pengiriman barang illegal seperti Ballpress dan Narkoba, personil Sat Polair Tanjungbalai berpatroli di perairan Tanjungbalai Asahan dan lego jangkar sejak Rabu (26/5/2021) hingga Kamis (27/5/2021) pagi.

“Petugas kita juga memberi sosialisasi melalui publik speaking untuk menjaga keselamatan dalam berlayar. Seperti memeriksa mesin, melengkapi dan membawa dokumen kapal serta melengkapi dan membawa alat-alat keselamatan berlayar seperti jaket pelampung, ring boy, APAR dan kotak P3K,” ungkap Kapolres Tanjung Balai, AKBP Putu Yudha Prawira.

BACA JUGA..  Mabes Polri Cek Disiplin dan Kepatuhan Personel Jajaran Polda Sumut

Dikatakan Putu, pihaknya juga menghimbau pada awak nelayan Kota Tanjung Balai untuk dapat beradaptasi kebiasaan baru dengan memakai masker yang benar, menjaga jarak 1,5 meter dari sesamanya, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air bersih yang mengalir, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan pola hidup sehat.

“Kami juga mengajak para nelayan untuk menjadi mitra Pori dalam memelihara situasi kamtibmas dengan memberikan informasi jika ada mengetahui pelanggaran atau kejahatan kejahatan lainnya seperti TKI Illegal yang keluar masuk dan barang ballpress serta narkoba,” terang Putu.
Lanjut dikatakan orang nomor satu di Mapolres Tanjung Balai ini, dalam patroli tersebut pihaknya turut memeriksa satu kapal nelayan dengan nama KM Camar Bahari 88 dan tanda selar GT 11 NO 3462/PPb yang datang dari Laut tujuan Tanjung Balai.

BACA JUGA..  Polres Batubara Bubarkan Pengunjung Karaoke 

“Sebelum kita lakukan pemeriksaan, kita terlebih dahulu melalukan pengecekan suhu tubuh seluruh awak kapal. Setelah kita lakukan pengecekan, kapal tersebut membawa puber berisi ikan dan tidak ditemukan barang-barang illegal melanggar hukum. Selanjutnya kepada Nahkoda diberi peringatan serta himbauan untuk menjaga keselamatan berlayar dan bekerja dilaut,” pungkas mantan Kasat Reskrim Polrestabes Medan ini. (gib)

BACA JUGA..  Ombudsman Sidak ke Disdik Sumut, Abyadi Siregar : Sistem PPBD Sumut Kacau

EPAPER