MANDIRI SYARIAH

Musa Rajekshah Ajak Masyarakat Berempati Berikan Bantuan Bencana Sulbar dan Kalsel

oleh -221 views
BANTUAN KEMANUSIAAN : Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah bersama Wakil Ketua I TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari menghadiri acara Charity Lunch Bersama Pemerintah dan Masyarakat Sumut, Bantuan Kemanusian untuk Saudara Terdampak Bencana Sulbar dan Kalsel, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut. (F : Ist/posmetro).

EPAPER

POSMETROMEDAN.com –  Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengajak seluruh masyarakat untuk dapat saling peduli terhadap sesama dengan menyisihkan rezeki dan memberikan bantuan pada masyarakat terdampak bencana alam di Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel). Bantuan ini dapat berupa donasi dan barang kebutuhan lainnya.

Hal ini disampaikan Wagub Musa Rajekshah saat menghadiri acara Charity Lunch Bersama Pemerintah dan Masyarakat Sumut, Bantuan Kemanusian untuk Saudara Terdampak Bencana Sulbar dan Kalsel, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman No 41 Medan, Rabu (10/2).

“Kita masih bersyukur Sumut masih terhindar dari bencana, namun saudara kita di Kalsel dan Sulbar tidak demikian. Saya mengajak saudara semua untuk dapat menyumbangkan rezeki memberikan bantuan itu pada meraka,” ucap Musa Rajekshah yang hadir bersama Wakil Ketua I TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari.

BACA JUGA..  Nawal Lubis Lantik Ketua TP PKK dan Dekranasda 10 Kabupaten/Kota

Turut hadir dalam kegiatan ini, Plt Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis, Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumut Yessi Oktaviana, perwakilan BUMD, organisasi kemasyarakatan (Ormas), serta perusahaan swasta di Sumut.

Musa Rajekshah mengatakan, dengan bantuan yang diberikan nantinya diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terkena bencana alam di Sulbar dan Kalsel. Tidak hanya bencana banjir dan gempa, masyarakat di sana juga harus menghadapi pandemi Covid-19.

“Dengan bantuan kita, mudah-mudahan para pengusaha, usahanya makin maju. Begitu juga dengan yang lainnya, dan hanya Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang akan membalasnya,” katanya.

BACA JUGA..  Nawal Lubis Ingin Tingkatkan Kegemaran Membaca di Sumut

Plt Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengugah rasa empati masyarakat Sumut dengan memberikan bantuan berupa dana dan lainnya. Tahap awal BPBD Sumut dan ACT Sumut akan menyalurkan bantuan tersebut, Kamis (11/2) melalui Pelabuhan Belawan Medan.

“Selain itu donasi uang yang terkumpul akan digunakan untuk membangun Selter, MCK, perbaikan rumah, sarana air bersih dan lainnya. Untuk kebersamaan, kita mengajak memberikan empati kita,” katanya.

Kepala Cabang ACT Sumut Yessi Oktaviana mengatakan, anggota ACT dan relawan telah turun di lokasi dengan memberikan bantuan berupa aksi medis, psikolog dan menyiapkan dapur umum. “Selanjutnya kita melakukan rekapitulasi program yakni pembangunan MCK, masjid, sekolah dan fasilitas lainnya. Tahap pembangunan pertama ada 96 rumah penduduk,” katanya.

BACA JUGA..  Gubernur Resmikan Kampus IV UIN Sumut

Yessi mengajak seluruh masyarakat Sumut untuk bergerak membantu. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk gerakan peduli selamatkan bangsa. Juga dilaksanakan lelang berupa foto, dan pengumpulan donasi yang terkumpul sebesar Rp838.140.000 yang diserahkan oleh masyarakat, BUMD dan perusahaan swasta. Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut pada kesempatan itu masing-masing memberikan donasi Rp50 juta.

Bantuan lainya di antaranya, MUI Sumut bantuan 1 ton beras, Sada Kopi memberikan bantuan 55 kg kopi, Kreasi Lutfi 1.000 bungkus Keripik Ubi, serta 4.032 ikan tuna kaleng dari PT Toba Surimi Industri. (ril/red)