MANDIRI SYARIAH

Kapolri Baru, Konsep Baru

oleh -436 views
LANTIK: Presiden Joko Widodo melantik Kapolri yang baru, Komjen Pol Listyo Sigit Pramono.(IST/POSMETRO MEDAN)

EPAPER

POSMETROMEDAN.com-Presiden Joko Widodo resmi melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/1).

Pelantikan dimulai pukul 09.30 WIB, usai Jokowi menjalani vaksinasi kedua. Sigit dilantik berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 7 Polri Tahun 2021 Tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang ditetapkan pada 27 Januari 2021.

Presiden Jokowi lalu mengambil sumpah jabatan atas Listyo Sigit sebagai Kapolri baru.

“Demi Tuhan Yang Maha Esa saya menyatakan berjanji dengan sungguh-sunggu, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD  Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Jokowi yang diikuti Sigit.

BACA JUGA..  Bripka C. Siahaan Tembaki 4 Orang, 3 Orang Tewas, Ini Motifnya...

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung Tribrata,” lanjut Sigit masih mengikuti Jokowi.

Listyo Sigit yang kini berpangkat jenderal bintang empat, ditunjuk Jokowi menggantikan Idham Azis yang akan pensiun pada 1 Februari mendatang. Ia ditetapkan setelah melalui fit and proper test oleh Komisi III DPR 20 Januari lalu.

BACA JUGA..  Dari Pahlawan Perintis Kemerdekaan, Tuan MH Manullang Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) atas Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri yang baru adalah angin segar yang boleh diterima oleh seluruh warga negara Indonesia.

Dari pemaparan visi dan misi saat uji kelayan dan kepatutan (fit and proper test) oleh Komisi III DPR RI, kerangka kemajuan dan orientasi institusi Polri mulai terlihat berbenah. Dari peta besar nahkoda Listyo Sigit, ada kata prediktif, responsif, transparansi, berkeadilan.

BACA JUGA..  Bripka C. Siahaan Tembaki 4 Orang, 3 Orang Tewas, Ini Motifnya...

Konsep baru formasi institusi Polri sesuai dengan gagasan Komjen Listyo Sigit tentunya perlu diberi stamina support. Listyo Sigit sudah membuat peta formasi baru dalam tubuh Polri, dan langkah selanjutnya adalah bagaimana hal itu diterapkan melalui kerja sama yang solid dengan masyarakat.(kmr)