PERUMAHAN WEB

Dukung Kesuksesan Pilkada 2024, Pemko Binjai Ikuti Peluncuran Tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai

oleh
Dukung Kesuksesan Pilkada 2024, Pemko Binjai Ikuti Peluncuran Tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai

POSMETROMEDAN.COM – Sekretaris Daerah Kota Binjai, H. Irwansyah Nasution, S.Sos menghadiri undangan Peluncuran Tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai 2024, di Pendopo Umar Baki, Rabu (15/5).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BNN Kota Binjai Ucok Ferry M.H, Ketua Pengadilan Negeri Binjai Bakhtiar, SH, MH, Ketua Bawaslu Kota Binjai, M. Yusuf Habibi, Ketua PWI Kota Binjai Arma Delisa Budi, perwakilan Kodim 0203/Lkt, perwakilan Kejaksaan Negeri Binjai, para pimpinan OPD Pemko Binjai, para Camat se-Kota Binjai, para mantan Komisioner Kota Binjai, para pimpinan partai politik, para tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta para pimpinan organisasi mahasiswa dan pemuda.

Dalam sambutannya, Sekdako Binjai menyampaikan terdapat tiga hal yang menjadi ukuran kesuksesan pemilu, yaitu meningkatnya partisipasi pemilu, penyelenggaraan yang demokratis, jujur, dan adil, serta terpilihnya pemimpin dan wakil rakyat yang sesuai harapan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Sekdako Binjai mengajak semua pihak untuk bekerja keras dalam persiapan menjelang Pilkada 2024. Tak lupa, ia berpesan untuk selalu menghindari perseteruan antar pendukung partai politik maupun kandidat.

BACA JUGA..  Serahkan SK ke 4 DPC, Ketua Satgas Sumut: Kibarkan Bendera GRIB hingga ke Pelosok

“Atas nama Pemerintah Kota Binjai, saya mendukung terciptanya pilkada yang damai. Mari kita tolak semua tindakan yang mencederai demokrasi, demi terwujudnya Pilkada yang berlandaskan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” pesannya.

Ketua KPU Kota Binjai, Anton Indratno menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama mensukseskan kegiatan Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kota Binjai. Ia berharap, kegiatan pada malam ini menjadi awal yang baik untuk penyelenggaraan Pilkada 2024 di Kota Binjai.

Seperti diketahui, tahapan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 diatur dalam peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2024.

Ditempat yang sama, perwakilan KPU Sumatera Utara Robby Effendy, menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2024, telah ditetapkan bahwa Pemungutan suara serentak nasional dalam Pemilihan Kepala Daerah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 27 November tahun 2024.

BACA JUGA..  Serahkan SK ke 4 DPC, Ketua Satgas Sumut: Kibarkan Bendera GRIB hingga ke Pelosok

Disampaikan, sebagai acuan penyelenggaraan Pemilihan Tahun 2024, PKPU nomor 2 Tahun 2024 ini memuat 9 Pasal serta lampiran jadwal yang telah disusun oleh KPU. Dalam lampiran tersebut diatur sejumlah tahapan, yang dimulai dari Penyusunan Program Anggaran, Pembentukan Badan ad-hoc, Penerimaan Calon Perseorangan, Pencalonan, Kampanye dan melaksanakan Pemungutan suara, hingga puncak dari pelaksanaan tahapan pada 27 November 2024 yakni pemungutan suara yang dilanjutkan dengan penghitungan suara, rekapitulasi hingga penetapan pasangan calon terpilih.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak, untuk sama-sama bergandengan tangan mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024. Tanpa dukungan dari semua pihak, mustahil KPU dapat melaksanakan seluruh tahapan ini dengan baik,” ungkapnya.

Kapolres Kota Binjai AKBP Rio Alexander dalam kesempatan tersebut, memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Pilkada yang aman, tertib, dan kondusif. Dia menyampaikan komitmennya untuk bersinergi dengan semua pihak terkait dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung.

BACA JUGA..  Serahkan SK ke 4 DPC, Ketua Satgas Sumut: Kibarkan Bendera GRIB hingga ke Pelosok

Acara tersebut dirangkai dengan pengumuman pemenang lomba maskot dan jingle pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai tahun 2024, yang diraih oleh Rinaldi Efendi sebagai juara I Sayembara Desain Maskot mendapatkan hadiah senilai 3 juta rupiah, M. Andi Maz Khafi sebagai juara II Sayembara Desain Maskot mendapatkan hadiah 2 juta rupiah, dan Aulia Rahman sebagai juara III Sayembara Desain Maskot mendapatkan hadiah 1 juta rupiah.

Adapun pemenang sayembara jingle yaitu, Juara I diraih oleh Syaiful Bahri dengan judul ‘Generasi Anti Golput’ mendapatkan hadiah 5 juta rupiah, Juara II diraih oleh Salim Caniago dengan judul ‘Ayo Masyarakat Binjai’ mendapatkan hadiah 3 juta rupiah, dan Juara III diraih oleh Muhammad Iqbal dengan judul ‘Pemimpin Kota’ mendapatkan hadiah 2 juta rupiah..(*)

reporter: ryan
editor: maranata tobing