PERUMAHAN WEB

Dukung Keselamatan di Jalan, Pastikan Kondisi Rem Prima

oleh
Seorang instruktur Honda melakukan demo cara berkendara yang baik dan benar. (Indako for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Keselamatan berkendara tidak tercipta hanya dengan kewaspadaan tingkat tinggi, namun juga harus didukung dengan kondisi setiap komponen motor yang prima. Salah satunya rem yang merupakan komponen keselamatan utama yang berfungsi membatu pengendara untuk menurunkan kecepatan atau berhenti untuk menghindari resiko kecelakaan.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical  PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, sebagai salah satu komponen paling vital, maka rem tampil sebagai komponen penting yang harus dipastikan kondisinya secara berkala. Jangan terkicuh dengan tampilan yang terlihat baik-baik saja, karena bukan berarti komponen tersebut tidak ada masalah.

BACA JUGA..  Pebalap Astra Honda Bertekad Bawa CBR Berjaya di ARRC Mandalika

Erwin Chandra mengungkapkan, menjaga kondisi rem agar tetap prima membutuhkan kepedulian dan kesadaran para pengendara untuk melakukan perawatan berkala pada motor kebanggaannya. Namun jika rem sudah terlanjur rusak dan tidak berfungsi, maka ada beberapa cara untuk memperbiki rem cakram yang sudah blong.

Pertama, minyak dan kampas yang berada di bagian dalam rem menjadi komponen utama pada rem. Pengendara perlu mengetahui, bahwa salah satu cara berkendara yang cepat akan membuat rem sering digunakan dan cepat habis. Ciri-ciri menipisnya kampas rem dan sebaiknya diganti adalah bunyi gesekan yang nyaring antara piringan cakram yang terbuat dari besi.

BACA JUGA..  Begini Cara Astra Honda Edukasi Safety Riding untuk Generasi Muda

Kedua, terlalu lama berkendara dapat menyebabkan rem menjadi panas, terutama saat dalam perjalanan jarak jauh. Pengendara perlu untuk dapat memperhatikan lamanya waktu berkendara di jalan, di mana bertujuan untuk memberi waktu bagi rem agar kembali dingin dan dapat optimal untuk digunakan.

Ketiga, minyak yang habis akan menyebabkan rem tidak bisa digunakan sama sekali meski kampas rem baru diganti. Salah satu penyebab minyak rem cepat habis bisa jadi karena adanya kebocoran selang dan sudah lama tidak diisi.

Erwin Menambahkan, bahwa sebenarnya cara memperbaiki rem cakram yang blong terbilang mudah, seperto buka kliper rem, lepaskan kampas rem, dorong piston caliper ke luar, pasang kampas rem baru, pasang kembali kaliper rem, dan lakukan pengecekan rem sebelum mulai berkendara dengan memompa tuas rem beberapa kali hingga kampas rem dapat menahan piringan cakram dengan sempurna.

BACA JUGA..  Cegah Hilang Kendali, Ini Tips Menjaga Keseimbangan saat Berkendara

Untuk hasil yang lebih baik, maka memperbaiki rem cakram motor yang blong di atas bisa dilakukan dengan bimbingan mekanik terlatih di bengkel resmi AHASS. Bersama ahlinya, lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor  termasuk rem tetap bisa bekerja secara prima. (rils/bhd)