Syah Afandin Apresiasi Pelatih & Bantuan untuk Pelaku IKM

oleh
Plt Bupati Langkat Syah Afandin menyerahksn bantuan ke perwakilan pelaku IKM, Selasa (21/11/23) di Sentra IKM Sei Karang Kecamatan Stabat. (Istimewa)

POSMETROMEDAN.com- Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Langkat menggelar program perencanaan dan pembangunan industri melalui pelatihan dan pemberian bantuan kepada pelaku industri kecil menengah (IKM).

Program ini diapresiasi Plt Bupati Langkat Syah Afandin, bertempat di Sentra IKM Sei Karang Kecamatan Stabat, berlansung Selasa 21 November 2023.

Pelatihan dan pemberian bantuan untuk 280 pelaku IKM. Mereka terdiri dari IKM ekoprint di Kecamatan Bahorok. Makanan berbahan dasar daun kelor di Kecamatan Sei Lepan, Tanjung pura, Secanggang.

Pembuatan tape di Kecamatan Stabat, Padang Tualang, dan Kecamatan Binjai. Pembuatan lidi sawit di Kecamatan Padang Tualang, Stabat dan Selesai .

BACA JUGA..  Evaluasi Penyaluran LPG dan BBM, Pemko Tebing Rakor bersama Polres

Kadis Perindag, Ikhsan Aprija menjelaskan peserta dan pemberian bantuan ini untuk 280 orang, terdiri dari 100 orang dari pengrajin lidi sawit, 100 orang dari pembuatan tape, 60 orang dari pembuatan makanan berbahan dasar daun kelor, dan 20 orang pengrajin ekoprint dari bahan alami ramah lingkungan.

“Ini komitmen kami yaitu ramah lingkungan. Kegiatan ini berjalan mulai awal Desember sampai akhir Desember 2023,” ucapnya.

BACA JUGA..  Pj Bupati Langkat: Tugas Utama Saya Mengentaskan Kemiskinan

“Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk pelaku IKM dan bisa mengembangkan industrinya hingga menjadi industri besar,” tambahnya.

Plt Bupati Langkat mengatakan, bantuan ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah kepada pelaku IKM.

“Kita doakan semoga ke depan banyak bantuan- bantuan, yang bisa banyak manfaatnya untuk masyarakat,” ujarnya.

Syah Afandin mengakui selama dua tahun menjabat Plt Bupati banyak melakukan evaluasi. Menurutnya, banyak anggaran yang bisa dialihkan untuk bantuan ke masyarakat, termasuk bantuan untuk pelaku IKM.

BACA JUGA..  Harga Beras Belum Stabil, Pemko Tebing Gelar Pasar Murah

“Sehingga kehadiran pemerintah ditengah masyarakat bisa lebih dirasakan,” ucapnya.

“Jadi mereka tidak perlu ke luar negeri, tinggal gimana kita mengelola ini dengan baik dan benar. Kalau IKM berkembang tentu akan menyelamatkan masyarakat lebih banyak, karena lebih banyak membutuhkan tenaga kerja,” ujarnya.

Selanjutnya Plt Bupati Langkat menyerahkan bantuan kepada perwakilan IKM berupa peralatan- peralatan pendukung untuk pelaku IKM Ecoprint, makanan berbahan dasar daun kelor, lidi sapu, dan pembuatan tape.(*)

Reporter: MA Santoso
Editor: Mangampu Sormin