PERUMAHAN WEB

Jamaluddin Pohan Lantik Pengurus FKDM Sibolga

oleh
Staf Ahli Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan, Bustanul Arifin, menyerahkan SK Ketua FKDM kepada Hendra Sahputra. (Aris Barasa/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan, melalui Staf Ahli Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan, Bustanul Arifin, melantik Hendra Sahputra sebagai Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Sibolga periode 2023-2028.

Pelantikan yang dilakukan berdasarkan surat keputusan (SK) Wali Kota Sibolga Nomor 003.1/663/2023 tanggal 6 November 2023 tersebut dilangsungkan di Aula Kafe 88 di Jalan Diponegoro, Selasa (21/11/2023).

Jamaluddin berharap FKDM yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini di masyarakat, bisa bekerja mengumpulkan hal-hal yang mungkin terjadi dan menyerahkan hasilnya ke kecamatan guna ditabulasi, diidentifikasi, dan dianalisis, untuk kemudian bisa disampaikan kepada wali kota melalui kantor kesbangpol.

BACA JUGA..  HUT Adyaksa ke 64 dan Dharmakarini XXIV, Kejaksaan Negeri Karo Gelar Jalan Sehat

Hal-hal yang mungkin terjadi tersebut, seperti potensi dan indikasi timbulnya bencana, baik itu bencana perang, bencana alam, maupun bencana karena ulah manusia yang bukan saja dari eksternal, namun juga internal yang menyangkut perkembangan anak-anak, penyakit sosial, dan lainnya.

“Maka itu, FKDM saya rasa adalah garda terdepan untuk bisa menciptakan kewaspadaan dini di masyarakat,” ungkapnya.

Pembentukan FKDM dilatarbelakangi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2018 sebagaimana telah diubah dengan Permendagri Nomor 46 Tahun 2019 tentang kewaspadaan dini di daerah.

BACA JUGA..  Apel di SMA Matauli Pandan, Pj Bupati Tapteng : Siswa Harus Berkontribusi Wujudkan Indonesia Emas

Keberadaan Permendagri tersebut dimaksudkan untuk mendorong terciptanya stabilitas keamanan dan ketentraman, ketertiban, dan perlindungan masyarakat di daerah, serta untuk mengantisipasi berbagai bentuk ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang mengindikasikan kemungkinan timbulnya bencana, baik bencana perang, bencana alam, dan bencana lainnya.

“Selanjutnya pada pasal 16 Permendagri tersebut juga mengamanatkan untuk membentuk FKDM. FKDM merupakan forum mandatori yang keanggotaannya terdiri dari unsur masyarakat dan ditetapkan oleh pemerintah daerah,” ungkap Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sibolga, Denni Aprilsyah Lubis, dalam laporannya pada kesempatan itu.

Denni juga berharap FKDM dapat berkoordinasi dengan Tim Kewaspadaan Dini Kota Sibolga dan Tim Pusat Komunikasi dan Informasi Kewaspadaan Dini Kota Sibolga, karena selain selain melaksanakan deteksi dan pencegahan dini terhadap segala ancaman yang dapat menganggu stabilitas keamanan di Kota Sibolga.

BACA JUGA..  Polres Labusel Jumat Curhat di Teluk Panji

“FKDM juga bertanggung jawab dalam memberikan rekomendasi sebagai pertimbangan bagi pemimpin daerah dalam penyelenggaraan penyelenggaraan dini masyarakat,” tukas Denni.

Berikut Susunan Pengurus FKDM Sibolga Periode 2023-2028 Ketua Hendra Sahputra,Wakil Ketua Nurdiswar Jambak, Sekretaris Martua Manik. Anggota Jonny Simatupang, Zulhamsyah Panjaitan, eza Andika Rahman. (*)

Reporter: Aris Barasa
Editor: Maranatha Tobing