Kenduri Desa Tanah Rendah, Bupati Batubara Bagikan Bantuan

oleh
Bupati Batubara Zahir menghadiri acara kenduri kampung di Desa Tanah Rendah, Kecamatan Air Putih, Rabu (25/10/2023). Dalam acara tersebut, Bupati Zahir juga menyerahkan berbagai bantuan dari Pemkab Batubara. (Rahman Khalid/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Dalam upaya menjaga kelestarian budaya dan menjalin silaturahmi lebih dekat dengan masyarakat, Bupati Batubara Zahir menghadiri acara kenduri kampung di Desa Tanah Rendah, Kecamatan Air Putih, Rabu (25/10/2023). Dalam acara tersebut, Bupati Zahir juga menyerahkan berbagai bantuan dari Pemkab Batubara.

Acara kenduri kampung di Desa Tanah Rendah diisi dengan tausiyah, do’a, dzikir dan makan bersama. Selain itu ada juga pagelaran seni wayang kulit.

BACA JUGA..  Zakat Dapat Menghidupkan Suatu Wilayah Maupun Negara

Tidak hanya itu, untuk mengharapkan hasil panen para petani melimpah dan mendapatkan keberkahan, Bupati Zahir menepungtawari bibit tanaman dan  menyerahkan gunungan hasil tanaman Desa Tanah Rendah.

Acara kenduri kampung di Desa Tanah Rendah rutin dilakukan setiap tahunnya sembari berdo’a memohon kepada Sang Pencipta agar terbebas dari segala malapetaka.

“Pada tahun ini, acara kenduri desa dan bersih Desa Tanah Rendah dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten Batubara dan menggelar pagelaran wayang selama semalam suntuk,” ujar Kades Tanah Rendah Syahril Efendi.

BACA JUGA..  Dukcapil Sikola' Kunjungi SMAN 1 Angkola Barat

Sementara itu, Bupati Zahir menyebut bahwa kenduri kampung ini juga sebagai bentuk musyawarah antara warga desa dengan pemerintah desa dan pemerintah kabupaten.

“Kenduri desa ini sama dengan musyawarah desa yang langsung dengan bupati,” ungkap Bupati Zahir.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Zahir memberikan aneka bantuan kepada masyarakat Desa Tanah Rendah, di antaranya tali asih dan  sembako untuk anak-anak yatim piatu dan kaum dhuafa. Satu unit kursi roda, 3 unit pengeras suara, Alquran, serta alat-alat kebersihan, bibit ikan lele, dan bibit tanaman. (*)

BACA JUGA..  Padi Varietes Silatihan Genjah Diperkenalkan di Kecamatan Sipirok

Reporter: Rahman Khalid
Editor: Mamgampu Sormin