Honda Bagi Teknik Jatuh dari Motor yang Aman

oleh
Instruktur Honda dari PT Indako Trading Coy, mempraktekkan cara posisi tubuh saat jatuh dari atas sepeda motor. (Indako for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Setiap kali berkendara dengan motor di jalan tentunya harus siap dengan resiko terjatuh hingga berpotensi mendapatkan sejumlah luka. Tidak hanya pengendara di jalan, bahkan pebalap hebat di lintasan juga pastinya pernah mengalami jatuh atau yang biasa disebut high side (terlempar dari sepeda motor) atau low side (meluncur di aspal).

Sofiyan Hazri, Instruktur Safetu Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa untuk meminimalisir dampak negative terhadap kondisi tubuh. Menurutnya ada sejumlah teknik yang aman bila harus dihadapkan pada kondisi terjatuh dari motor yang sudah tidak bisa dihindari.

BACA JUGA..  Berlaga di Prancis, Delvintor Optimis Suguhkan Performa Positif

Pertama, karena sayang yang besar pada motor, bahkan saat terjatuh pun pengendara takut kehilangan. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pengednara yang ketika terjatuh, namun masih bepegangan pada motor yang nyatanya dapat menimbulkan resiko yang tinggi, seperti beresiko terimpa, terhantam, atau bahkan mengalami luka bakar jika motor terbakar.

Kedua, jatuh dengan posisi berguling dapat mengurangi efek dari benturan terhadap pemukaan jalan. Lipat tangan di bagian dada dengan posisi memeluk melingkari tubuh. Menunduk dengan dagu menempel pada dada. Saat berguling, arahkan benturan pada bahu bagian belakang, untuk mengurangi dampak yang lebih buruk terhadap tubuh.

BACA JUGA..  Paddock Astra Honda Kembali Terisi di Junior GP Barcelona

Ketiga, setelah melepaskan sepeda motor, sebaiknya pengendara mengarahkan tubuh ke kiri jalan. Hal ini lebih minim resiko karena sisi sebelah kiri jalan tidak seaktif sisi kanan jalan.

Keempat, ketika terjatuh sebaiknya, diam dulu sejenak, coba melakukan gerakan pada  tangan dan kaki anda untuk melakukan konfirmasi pada tubuh, apakah ada yang terkilir atau patah. Hal ini untuk menghindari cidera yang lebih parah. Sebaiknya segera ke Rumah Sakit untuk memeriksa lebih detail dan mendapatkan tindakan medis lanjutan bila diperlukan.

Sofiyan Hazri mengungkapkan  bahwa  teknik jatuh di atas tidak semudah seperti saat disampaikan. Untuk itu, tetap gunakan perlengkapan berkendara dengan baik, tingkatkan kemampuan berkendara, tingkatkan kewaspadaan, kendalikan emosi, pahami prediksi dan antisipasi bahaya saat berkendara di jalan untuk keselamatan berkendara.

BACA JUGA..  Paddock Astra Honda Kembali Terisi di Junior GP Barcelona

Sementara itu Gunarko Hartoyo, Corporate and Marketing Coomunication Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan bahwa selain membekali diri dengan skill berkendara, membudayakan #Cari_aman saat naik motor tentunya akan mendukung para pengendara untuk melindungi  keselamatan dan hal-hal berharga dalam hidup. (*)

Reporter: Budi Hariadi
Editor: Maranatha Tobing