Hadiri Sosialisasi Organisasi Kemasyarakatan, Pj. Walikota Harap Ormas Berperan Dan Dukung Proses Pemilu 2024

oleh
Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi, Drs. Syarmadani, M.Si dalam sambutannya berharap Ormas (Organisasi Kemasyarakatan) dapat berperan dalam mendukung dan mensukseskan seluruh tahapan Pemilu 2024, Selasa (17/10)
Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi, Drs. Syarmadani, M.Si dalam sambutannya berharap Ormas (Organisasi Kemasyarakatan) dapat berperan dalam mendukung dan mensukseskan seluruh tahapan Pemilu 2024, Selasa (17/10)

Posmetromedan.com – Menghadiri sekaligus membuka Sosialisasi Organisasi Kemasyarakatan Kota Tebing Tinggi Tahun 2023 dengan tema Peran Ormas Mewujudkan Pemilu Damai, Selasa (17/10) di Gedung Hj. Sawiyah, Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi, Drs. Syarmadani, M.Si dalam sambutannya berharap Ormas (Organisasi Kemasyarakatan) dapat berperan dalam mendukung dan mensukseskan seluruh tahapan Pemilu 2024.

“Ormas telah menjalani tujuannya dalam meningkatkan partisipasi dan keberdayaan masyarakat serta memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan torehan sejarah tersebut, dalam konteks Pemilu, Ormas dituntut agar berperan serta mendukung berlangsungnya proses demokrasi,” ucap Pj. Wali Kota.

Dikatakan Pj. Wali Kota, Ormas tumbuh dan berkembang sejalan dengan sejarah perkembangan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

BACA JUGA..  Syaiful Kembali Maju Jadi Ketua Wartawan Pemko Medan

“Sejak masa kemerdekaan, Ormas telah memainkan peran penting dalam perjalanan sejarah bangsa. Kiprah Ormas sangat besar dalam mengisi kemerdekaan dan berkontribusi dalam mewujudkan tujuan negara,” jelas Pj. Wali Kota.

Untuk Pj. Wali Kota berharap agar Ormas mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan serta persaudaraan sebangsa dalam menghadapi tahun politik Pemilu 2024.

“Kita harus mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan serta persaudaraan sebangsa. Tantangan lainnya adalah bagaimana mengelola informasi di media sosial menjadi informasi yang positif menumbuhkan iklim demokrasi dan memperkuat wawasan kebangsaan kita. Dan saya berharap kegiatan sosialisasi ini semakin meneguhkan peran serta Ormas di tengah masyarakat terutama dalam rangka mensukseskan terlaksananya Pemilu 2024,” tutupnya.

BACA JUGA..  Pj Bupati Langkat: Tugas Utama Saya Mengentaskan Kemiskinan

Sebelumnya, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Erwandi, SH dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi agar Peserta (dalam hal ini Ormas) mendapatkan informasi tentang pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

“Kemudian peserta mendapatkan informasi bagaimana peran Ormas dalam mensukseskan Pemilu Tahun 2024. Terakhir, dapat memahami peran dan fungsi Ormas dalam mendukung suksesnya Pemilu dan Pilkada,” jelasnya.

Sebagai narasumber, Fuad Ginting, S.Sos, M.IP mengatakan organisasi masyarakat dapat membantu memperkokoh kesatuan bangsa dalam tahun politik.

“Dengan mempromosikan partisipasi demokratis, penyelesaian konflik yang damai, dan fokus pada kepentingan bersama di atas perbedaan politik dapat memperkokoh kesatuan bangsa dalam tahun politik.” Ungkapnya.

BACA JUGA..  Launching NSI Investment Challenge 2024, Diharapkan Dorong Akselerasi Realisasi Investasi di Sumut 

Hiras Afandi Silaban, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi selaku narasumber kedua mengatakan Pemilu adalah pilar utama bagi sebuah negara yang menganut sistem demokrasi. Dalam hal ini Organisasi kemasyarakatan (Ormas) memiliki peran strategis yang harus dimaksimalkan untuk memastikan partisipasi aktif warga dalam proses demokrasi.

“Ormas juga memiliki peran strategis untuk mendukung pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu politik, serta memfasilitasi forum-forum dialog dan diskusi yang konstruktif antara masyarakat, pemerintah, penyelenggara pemilu, dan peserta pemilu. Dengan infrastruktur dan sumber daya yang dimiliki, Ormas dapat memainkan peran strategis dalam proses pemilu,” ujarnya.

REPORTER: Ridwan Manurung
EDITOR: Mangampu Sormin