Pastikan Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Hadiri Apel Gelar Pasukan Mantap Brata Toba Tahun 2023-2024

oleh
Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. menghadiri Apel Gelar Pasukan "Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024" dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 yang digelar Kepolisian Resort (Polres) Kota Tebing Tinggi, Selasa (17/10/2023) di lapangan Merdeka
Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. menghadiri Apel Gelar Pasukan "Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024" dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 yang digelar Kepolisian Resort (Polres) Kota Tebing Tinggi, Selasa (17/10/2023) di lapangan Merdeka

Posmetromedan.com – Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. menghadiri Apel Gelar Pasukan “Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024” dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 yang digelar Kepolisian Resort (Polres) Kota Tebing Tinggi, Selasa (17/10/2023) di lapangan Merdeka.

Apel gelar pasukan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tebing Tinggi AKBP. Andreas Luhut Jaya Tampubolon, S.IK., M.KP. dan turut diikuti seluruh jajaran Forkopimda Kota Tebing Tinggi.

Membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Pol. Drs.Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang disampaikan oleh Kapolres, mengajak seluruh komponen bangsa untuk berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pemilu 2024.

“Terlebih lagi Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar,” ujar Kapolres membacakan amanat Kapolri.

Terkait tugas pengamanan Pemilu 2024, maka Polri bersama dengan TNI, Kementerian, lembaga instansi terkait dan mitra Bimas lainnya, menggelar operasi Mantap Brata tahun 2023-2024 yang dilaksanakan selama 222 hari, mulai 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024 serta diikuti oleh 261.695 personil di seluruh Indonesia.

BACA JUGA..  Empat Prinsip Dipesankan Pj Bupati Langkat untuk ASN Berkualitas

Sementara terkait tindak pidana Pemilu, dalam amanatnya Kapolri meminta agar melakukan koordinasi dan kolaborasi agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana Pemilu dapat dilakukan secara profesional serta transparan sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat.

Dalam hal pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024, Kapolri berpesan agar meningkatkan sinergi dan soliditas antar seluruh personil pengamanan maupun stakeholder terkait serta melaksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis, profesional dan sesuai SOP.

“Karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi kita,” ucap Kapolres melanjutkan amanat Kapolri.

Seusai pelaksanaan apel, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. berharap dengan dilaksanakan deklarasi Pemilu damai ini, semua pihak kiranya dapat menyikapi semua tahapan Pemilu/ Pilkada dengan benar, kebesaran hati dan bisa menjaga kedamaian di semua level kehidupan masyarakat.

“Untuk ASN, netralitas harga yang tidak bisa ditawar, semua ASN harus menjalankan aktifitas terkait politik sebagai mana yang sudah diatur (dalam UU dan peraturan yang ada), tidak ada keberpihakan kecolongan atau bahkan sampai menyalahgunakan kewenangan jabatannya,” tegas Pj. Wali Kota.

BACA JUGA..  Kunjungi Kubah Batubara, Pj Bupati Ingin Situs Sejarah Lebih Diperhatikan

Senada, Kapolres AKBP. Andreas Luhut Jaya Tampubolon, S.IK., M.KP. menghimbau kepada partai politik dan seluruh lapisan masyarakat, agar menyikapi tahapan dan hasil Pemilu/ Pilkada nantinya tetap harus dengan hati yang dingin dan pikiran yang baik.

“Personil perlibatan 3/4 dari kekuatan inti, sisanya cadangan untuk pergeseran di seluruh wilayah hukum Polres Tebing Tinggi. Sudah kita tetapkan dengan pemetaan rawan, kurang rawan dan sangat rawan,” tutup Kapolres.

Kegiatan dirangkai dengan pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai dan berfoto bersama.

Untuk diketahui, TPS di wilayah hukum Polres Tebing Tinggi sebanyak 1.023 TPS dengan personil Polres Tebing Tinggi yang dilibatkan 340 personil.

Turut hadir, Wakil Ketua I DPRD Kota H. Muhammad Azwar, S.Si., M.M. mewakili Ketua DPRD, Danramil 13/TT Kapt. Inf. Yudi Chandra, Hakim PN Muhammad Ikhsan, S.H., Danyon B Pelopor Sat Brimob Polda Sumut Kompol. Heriyono, Kepala BNNK AKBP. Alexander Samuel Soeki, S.Sos., M.H., Kalapas Kelas II B Tebing Tinggi Anton Setiawan, Amd.IP. S.H, M.Hum, Kepala OPD atau mewakili, Ketua KPU Kota Rudi Herwin, Ketua Bawaslu Kota Amsal Franky H. Tambun.

BACA JUGA..  Terpilih Program Rehab Rumah PLN, Pria Aceh Tenggara Tangis Haru

Kemudian, perwakilan unsur Kodim 0204/DS dan Koramil 13/ TT, Polres, Sub Denpom, Brimob Poldasu, Dishub, Satpol PP,  Ketua MUI Kota Drs. Akhyar Nasution, Ketua DPD partai Golkar Drs. Basyaruddin nasution, S.H., M.H. yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD, Ketua DPD PDI Perjuangan Iman Irdian Saragi, S.E. menjabat juga sebagai Wakil Ketua II DPRD, Ketua DPD Partai Nasdem Ir. H. Oki Doni Siregar, M.M. (Wakil Wali Kota Tebing Tinggi periode 2014-2017 & 2017-2022) dan 14 pimpinan parpol lainnya atau mewakili, perwakilan tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan tim peliputan Diskominfo.

REPORTER: Ridwan Manurung
EDITOR: Mangampu Sormin