Aliansi Masyarakat Aceh Tenggara Peduli Arung Jeram Sungai Alas Minta PON XXI Aceh-Sumut Tetap di Agara

oleh
Ratusan masyarakat Aceh Tenggara (Agara) yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Aceh Tenggara Peduli Arung Jeram PON XXI Aceh-Sumut 2024, pada Senin (10/7/2023) melakukan aksi damai kecaman terhadap PB FAJI dan pihak terkait yang mengupayakan pemindahan tuan rumah PON XXI Arung jeram Aceh-Sumut 2024 ke tempat lain. (Safrizal/Posmetromedancom)

POSMETROMEDAN.com – Ratusan masyarakat Aceh Tenggara (Agara) yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Aceh Tenggara Peduli Arung Jeram PON XXI Aceh-Sumut 2024, pada Senin (10/7/2023) melakukan aksi damai menyuarakan kecaman terhadap PB FAJI dan pihak terkait yang mengupayakan pemindahan tuan rumah PON XXI Arung jeram Aceh-Sumut 2024 ke tempat lain.

Dalam orasinya, Fazriansyah selaku penanggung jawab aksi menyuarakan kecaman itu mereka sampaikan karena Kabupaten Aceh Tenggara sudah ditunjuk sebagai tuan rumah Pekan Olah Raga Nasional PON XXI Aceh-Sumut pada tahun 2024 pada cabang Olahraga Arung jeram dilaksanakan di Sungai Alas Ketambe.

Penunjukan dinyatakan sah sesuai dengan SK Pj Gubernur Aceh Nomor:426.2/990/2022 yang sudah ditetapkan di Banda Aceh pada tanggal 14 juli 2022.

Pantauan dilapangan, massa bergerak dari stadion H syahdat dan terus berjalan berorasi sampai ke kampus UGL. Pendemo pun menyatakan sikap atas upaya pihak tertentu yang ingin menggagalkan Aceh Tenggara sebagai tuan rumah cabang olahraga Arung Jeram di PON XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang.

BACA JUGA..  Dua Pesan Penting Pj Bupati untuk ASN Pemkab Langkat

Pernyataan sikap itu antara lain; (1) Kami ucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Aceh, Forkopimda Aceh Tenggara, anggota DPR Aceh Dapil 8, pemerintah pusat (kemenpora) dan seluruh elemen yang sudah mendukung Sungai Alas Aceh Tenggara sebagai tuan rumah Venue cabang olahraga ArungJjeram PON XXI Aceh-Sumut 2024 sesuai dengan SK Pj gubernur Aceh bapak Achmad Marzuki nomor:426.2/990/2022 yang ditetapkan pada tanggal 14 juli 2022.

(2) Kami mengecam pihak-pihak tertentu yang berupaya memindahkan secara sepihak Venue Cabang Olahraga Arung Jeram PON XXI Aceh-Sumut 2024 dari sungai alas ke sungai Mane Kab.Pidie. (3) Kami menentukan pihak terkait dalam hal ini terutama kepada PB FAJI Pusat,FAJI Aceh,dan KONI Aceh yang saat ini mensurvei lokasi yang tidak sesuai SK PJ. Gubernur Aceh, yang mana seharusnya survei dilaksanakan di sungai alas sesuai dengan SK PJ. Gubernur Aceh.

BACA JUGA..  Minta Dukungan Pemuda, Rizky Yunanda Sitepu Pastikan Maju di Pilkada Langkat

(4) Kami menolak rekomendasi dari PB FAJI Pusat yang menyatakan sungai mane lebih layak dari pada sungai alas untuk Pelaksanaan Venue Cabang Olahraga Arung Jeram PON XXI Aceh-Sumut 2024, sedangkan sungai alas belum pernah di survei oleh FAJI pusat mau pun FAJI Aceh maka dari itu kami berkeyakinan sungai alas lebih siap dan layak menjadi tuan rumah Veneu Cabang Olahraga Arung Jeram PON Aceh-Sumut 2024, karena kita sudah pernah memperlombakan Event-Event arung jeram tingkat nasional mau pun internasional dan Sungai Alas memiliki pendukung lainnya seperti Puskesmas, Polsek dan Koramil serta Penginapan Atlit langsung di lokasi.

(5) Kami menentukan pelaksanaan survei Venue Cabang Olahraga Arung Jeram PON XXI Aceh-Sumut 2024 harus terbuka dan seadil adilnya sebagaimana Pancasila sila ke-5 (keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia) tanpa ada Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dan iming-iming untuk kepentingan pribadi dan golongan tertentu.

BACA JUGA..  Pj Bupati Ajak HIPMI Kolaborasi Benahi Langkat

(6) Kami menduga ada upaya menguntungkan pribadi dalam Upaya pemindahan sepihak Veneu Cabang Olahraga Arung Jeram yang mana menurut informasi, kepemilikan operator arung jeram sungai mane adalah ketua FAJI Aceh yang disewakan dari masyarakat setempat, serta terakhir; (7) Kami Aliansi Masyarakat Aceh Tenggara Peduli Arung Jeram Sungai Alas PON XXI Aceh-Sumut siap mendukung dan menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang akan datang.

Fazriansyah kordinator penanggung jawab aksi mengatakan, bahwa Sungai Alas Ketambe sudah siap untuk menjadi tuan rumah PON XXI Qceh-Sumut 2024 mendatang.

“Semoga Aceh Tenggara tetap bisa menjadi tuan rumah PON XXI 2024 mendatang,” ucapnya mengakhiri. (*)

Reporter: Safrizal
Editor: Maranatha Tobing