Wali Kota Buka Malam Kesenian Kota Binjai di PRSU ke 49

oleh
Wali Kota Buka Malam Kesenian Kota Binjai di PRSU ke 49

POSMETROMEDAN.COM – “Pemerintah Kota Binjai malam ini bertindak selaku pe­nyelenggara malam kesenian sebagai salah satu rangkaian guna memeriahkan event PRSU ke-49 Tahun 2023,” ungkap Wali Kota Binjai Drs. Amir Hamzah, M.AP saat membuka malam kesenian dan kebudayaan Kota Binjai di Pekan Raya Su­matera Utara (PRSU) Tapian Daya Medan, Senin (26/6).

Ia mengungkapkan, Pemko Binjai berharap pagelaran malam kesenian ini dapat menghibur pe­ngunjung, sekaligus mem­per­kenalkan adat dan budaya masyarakat Binjai, yang akan divisua­lisasikan melalui ber­bagai atraksi seni.

Wali Kota mengungkap­kan mela­lui bentuk kesenian ini, Kota Binjai ingin menunjukkan identitas dan entitas, serta kearifan lokal, yang merupa­kan wujud kebersamaan ma­syarakat Binjai, yang terba­ngun dengan baik di tengah-tengah kemajemukan etnis yang ada.

“Pemko Binjai menyadari betul bah­wa kesenian salah satu modal yang sangat pen­ting dalam kelangsungan pe­merintah daerah. Sebagaimana sesuai dengan salah satu visi pemba­ngu­nan Kota Bin­jai yaitu Maju, Berbudaya, Religius,” jelas Amir.

Ia menegaskan, Bin­jai harus terus bergerak men­jadi kota modern, tentunya dengan tidak mengabaikan kearifan lokal yang ada. Menurutnya, kota modern akan semakin sem­purna bila masih ditopang aspek budaya.

“Selanjutnya saya juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Pariwisata Kota Binjai yang telah menghadirkan berbagai pertunjukan seni budaya ditengah-tengah kita semua pada malam hari ini,” ucapnya. “Saya yakin, pertunjukan seni budaya seperti ini menjadi pemicu semangat bagi para seniman, sanggar seni, lembaga-lembaga budaya dan adat, serta seluruh pihak yang bersentuhan dengan upaya pembinaan dan pengembangan seni dan budaya untuk dapat terus mengekpresikan karyanya,” jelasnya pula.

Di ajang PRSU ke-49 tahun 2023 ini, selain menampilkan kesenian daerah, Pemko Bin­jai juga turut menampilkan pro­duk ekonomi kreatif, UKM, dan UMKM, berupa hasil pertanian dan produk unggulan Kota Binjai di stand pameran Pemko Binjai, seba­gai hasil binaan Pemko Binjai, PKK, dan stake holder terkait.

Turut hadir Ketua Mada Laskar Putih Sumut H. Syaiful Bahri, S.Sos. M.SP., Kapolres Binjai AKBP Hendrick Situmorang, S.H. SIK. MSI., Dandim 0203/LKT Letkol Inf. M. Eko Prasetyo, para anggota DPRD Kota Binjai, Sekdako Binjai H. Irwansyah Nasution, S.Sos., Para Pimpinan Instansi Vertikal se-Kota Binjai, para Pimpinan Cabang Bank se-Kota Binjai, Ketua TP. PKK Kota Binjai Ny. Dra. Hj. Nurhayati Amir Hamzah, Ketua Karang Taruna Kota Binjai M. Fariz Al-Hafiz, Ketua Dharma Wanita Kota Binjai Ade Irma Irwansyah, perwakilan Kejari Binjai, para Staf Ahli Wali Kota Binjai, para Asisten Setdako Binjai, para Pimpinan OPD se-Kota Binjai, para Camat se-Kota Binjai, para Lurah se-Kota Binjai dan para tamu undangan lainnya.(*)

reporter: ryan
editor : mangapu sormin