Jelang Wukuf Kabar Jamaah Haji Langkat Dinyakan Ondim, TPHD: Secara Umum Baik

oleh
Ondim saat melepaskan calon jamaah haji Langkat, di Alun-alun T Amir Hamzah Stabat, (4/6/2023). (Istimewa)

POSMETROMEDAN.com- Jelang pelaksanaan wukuf, Plt Bupati Langkat Syah Afandin menyampa dan menanyakan kondisi jamaah haji di Makkah melalui TPHD Langkat, H Husnul Abrar dan Ibnul Mubarak melalui panggilan Video Call (VC) dari Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Senin (26/6/2023).

Syah Afandin berpesan agar jamaah menjaga kesehatan, tetap kompak, saling membantu. “Saya berharap agar semua jamaah tetap memperhatikan kesehatan, dan bilamana ada jamaah yang harus disafari wukufkan agar di koordinasikan dengan baik kepada petugas. Titip salam saya kepada semua jamaah,” ujar Plt Bupati Langkat melalui video call.

BACA JUGA..  GenRe Sergai Diharap Ciptakan Sinergi Atasi Stunting

Dalam perbincangannya Bupati Langkat juga menanyakan persiapan bagi jamaah menjelang keberangkatan menuju Armina (Arafah, Musdalifah dan Mina). Lalu dirinya menghimbau agar jamaah tetap mengikuti arahan yang telah ditentukan Pemerintah Arab Saudi maupun Kementerian Agama RI.

Ustaz Husnul Abrar yang berbincang langsung dengan Plt Bupati Langkat memberikan kabar, bahwa jamaah haji Langkat secara umum dalam kondisi baik, sungguhpun beberapa diantaranya membutuhkan perhatian khusus, disebabkan faktor umur yang memang sudah lanjut usia.

BACA JUGA..  Diduga Sebar Hoax, Oknum ASN Pemkab Simalungun akan Segera Dilaporkan

Pada sisi lain Ustaz Husnul Abrar menginformasikan, bahwa jamaah akan mendoakan untuk kebaikan Langkat, juga mendoakan Plt Bupati Langkat sebagai bentuk terima kasih atas perhatian yang diberikan terhadap para jamaah.

“Insya Allah Bapak Plt Bupati, kami akan selalu berdoa untuk Bapak dan Kabupaten Langkat di Padang Arafah nanti,” ujar Ustaz Husnul Abrar diakhir pembicaraannya.

Jamaah di Kloter 12 dilepas pada 4 Juni 2023 di Alun-alun T Amir Hamzah Stabat. Sedangkan selebihnya di berangkatkan pada 5 Juni 2023 bergabung dengan kloter 14 yakni Kabupaten Serdang Bedagai.

BACA JUGA..  Launching NSI Investment Challenge 2024, Diharapkan Dorong Akselerasi Realisasi Investasi di Sumut 

Wukuf adalah salah satu rukun juga merupakan puncak pelaksanaan ibadah haji. Pelaksanaan wukuf di Arafah dilakukan pada 9 Dzulhijjah, sehari sebelum Hari Raya Iduladha. Pada pelaksanaan wukuf para jemaah haji akan berkumpul di Padang Arafah. Mereka berhenti dari segala aktivitasnya dan berdiam diri untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.(*)

Reporter: MA Santoso
Editor: Mangampu Sormin