HANI 2023, Ondim Menerima Penghargaan BNNK Langkat Atas Partisipasi P4GN

oleh
Syah Afandin terima penghargaan P4GN diserahkan Kepala BNNK Langkat, AKBP Saharuddin Bangko. (Istimewa)

POSMETROMEDAN.com- Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) diperingati setiap 26 Juni sebagai wujud keprihatinan dunia terhadap korban penyalahgunaan narkotika. Peringatan HANI 2023 ini Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan harapan terkait pemberantasan narkoba melalui pidato tertulis.

Dari data UNODC (united nations office on the drag and crime) tahun 2021 tentang penyalahgunaan narkotika sebesar 5,5% dari populasi dunia atau sekitar 270 juta jiwa pada usia 15 – 64 tahun, dan diprediksi pada tahun 2030 dapat terjadi peningkatan menjadi 11% dari populasi dunia.

Sementara itu berdasarkan survei rapelansi pada tahun 2021 yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) penyalahgunaan narkotika di Indonesia pada kelompok usia yang sama sebesar 1,95% atau sekitar 3.600.000 jiwa.

“Kondisi ini akan berdampak buruk bagi masyarakat terutama generasi muda terhadap kesehatan perkembangan sosial budaya ekonomi keamanan serta kehidupan berbangsa dan bernegara apabila kita tidak melakukan upaya pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika secara serius dan bersama-sama baik nasional maupun internasional,” ujar Jokowi pada pidato tertulisnya yang dibacakan Plt Bupati Langkat, Syah Afandin (Ondim).

BACA JUGA..  Evaluasi Penyaluran LPG dan BBM, Pemko Tebing Rakor bersama Polres

Syah Afandin membacakan pidato tersebut pada peringatan HANI yang di gelar BNNK Langkat, di Kantor BNN Kabupaten Langkat Jl Proklamasi Kwala Bingai, Stabat, Senin (26/6/2023).

Kondisi ini, lanjut Ondim merupakan tugas dan peran BNN RI dalam menanggulangi narkotika, di mana pemerintah telah melakukan berbagai upaya guna mendukung kegiatan BNN RI untuk penguatan pencegahan pemberantasan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika melalui instruksi Presiden tentang rencana aksi nasional (RAN) P4GN tahun 2020-2024.

“Oleh karena itu saya mengharapkan semua kementerian, lembaga, pemerintah daerah, pemangku kepentingan, dan komponen masyarakat agar secara optimal melaksanakan instruksi ini sesuai dengan peran dan fungsinya,” imbuhnya.

“Saya mengapresiasi kampanye perang terhadap narkotika war on drug yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia dengan strategi (soft powar approach, Hard power approach, smart power approach dan cooperation) yang bertujuan melakukan pencegahan pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi dengan nilai-nilai edukasi dalam membangun ketahanan diri keluarga lingkungan memulihkan pecandu narkotika untuk meningkatkan kualitas hidup dan melakukan penegakan hukum yang profesional dengan menghormati hak asasi manusia memanfaatkan teknologi informasi serta menjalin kerjasama nasional regional dan internasional,” harapnya lagi.

BACA JUGA..  Diduga Sebar Hoax, Oknum ASN Pemkab Simalungun akan Segera Dilaporkan

Marilah kita terus berjuang dan menggelorakan war ondra perang melawan narkotika menuju Indonesia Bersinar versi narkotika dan bersama-sama dengan negara-negara lainnya untuk menanggulangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika serta prekursor narkotika. Semoga kita dapat mewujudkan Indonesia bersinar (bersih dari narkoba) khususnya di kabupaten Langkat,” ajak Plt Bupati Langkat.

Selanjutnya sambutan tertulis Kepala BNN RI Komjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose di bacakan Kepala BNN Langkat AKBP Saharuddin Bangko SH MBA. Bahwa peringatan HANI di laksanakan di Bali 26 Juni 2023, mengusung tema nasional yaitu “Percepatan Perang Melawan Narkotika Menuju Indonesia Bersinar Indonesia Bersih Narkotika”.

Ia pun menyampaikan capaian kinerja BNN diantaranya bidang pencegahan program Desa Bersinar tercapai sebanyak 588 desa atau kelurahan dan untuk mendukung pelaksanaan yang telah diterbitkan 26 peraturan daerah provinsi, empat surat keputusan Gubernur, 64 peraturan daerah kabupaten/kota, 103 surat keputusan bupati/walikota, dan 132 surat keputusan camat, kepala desa dan lurah.

BACA JUGA..  Harga Beras Belum Stabil, Pemko Tebing Gelar Pasar Murah

Diperingatan HANI 2023 ini, dilakukan pemberian pelakat dan penyerahan piagam penghargaan BNNK Langkat kepada Plt Bupati Langkat atas dukungan dan partisipasi dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

Di lanjutkan dengan penyerahan sertifikat piagam penghargaan gema war on drugs (menyanyikan lagu mars BNN ) kepada:
1.Polres Langkat (150 orang)
2.Bataliyon Infanteri Marinir 8 Harimau putih (100 orang)
3.SMAN 1 Stabat (1.200 orang )
4.MAN 3 Langkat (933 orang)
5.SMPN 1 Stabat (1000 orang)
6.SMP IT Iqro Stabat (200 orang)

Penyerahan sertifikat penghargaan kepada instansi pemerintah, swasta, masyarakat/desa dan lingkungan pendidikan yang telah berpartisipasi aktif dalam upaya P4GN kepada:

1.Kesbang Pol Langkat
2.Camat Kecamatan Wampu
3.PT LNK
4.Kelurahan Kwala Bingai
5.Desa Perkebunan Tanjung Beringin
6.Desa Pelawi Selatan
7.DPD GIAN Kabupaten Langkat
8.Kades Namo Sialang
9.Kades Jaring Halus
10.Kadus XV kit bersama Desa Halaban. (*)

Reporter: MA Santoso
Editor: Mangampu Sormin