Seminar HPN di Langkat, Susanto: Sajikan Materi Etika Wartawan Sesuai KEJ

oleh
Ketua Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2022 Langkat, Susanto, SH. 

POSMETROMEDAN.com PWI Kabupaten Langkat berencana menggelar seminar HPN pada 23 Februari 2022 mendatang di Hotel Grand Stabat, Langkat.

Seminar yang diinisiasi Ketua PWI Langkat M. Darwis Sinulingga ini untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022 dan HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke 76 tahun, yang jatuh pada 9 Februari.

Giat seminarnya menyajikan dua materi yakni tentang lingkungan hidup dan etika wartawan sesuai kode etik jurnalistik (KEJ) dan peraturan UU Pers nomor 40 tahun 1999.

BACA JUGA..  SDN 1 Semadam Tidak Layak Dipakai, Kadis Dikbud Agara Dianggap Lalai

“Benar ada dua materi yang kita angkat pada seminar ini. Tentang lingkungan hidup dan etika wartawan,” ungkap Ketua Panitia HPN 2022 Langkat, Susanto SH di Langkat, Sabtu (12/2/2022).

Materi etika wartawan akan dibawahkan Ketua PWI Sumatera Utara, H Farianda Putra Sinik SE atau perwakilan pengurus PWI Sumut. Sedangkan materi lingkungan hidup akan dibawahkan oleh profesional dibidangnya.

Susanto, SH mengatakan tujuan penyajian materi etika agar wartawan dan para insan pers di Langkat lebih profesional dan bersikap sesuai aturan.

BACA JUGA..  Dosmar Banjarnahor Dinilai Layak Dinobatkan Bapak Pembangunan Humbahas

Pihaknya (PWI Langkat) menginginkan pilar keempat pembangunan bangsa di Langkat, ikut serta mengawal dan terlibat aktif membangun negeri bertuah sesuai visi misi pemerintahan.

“Wartawan harus mampu berperan aktif membangun dan mencerdaskan masyarakat Langkat,” sebutnya.

Kedepan, harapan Ketua Panitia HPN Susanto, SH seminar ini menambah jumlah wartawan berkompeten dan beretika. Sehingga pemberitaan yang disajikan benar-benar menjadi karya seorang jurnalistik. Yakni tidak tendesius, melanggar KEJ, tidak berpihak (independen), sesuai fakta dilapangan dan menjaga kondusifitas wilayah.

BACA JUGA..  Kacabdisdik Apresiasi Kehadiran Pegawai di Hari Pertama Pasca Lebaran

Seminar ini juga akan diisi dengan pemberian santunan anak yatim dan janda para wartawan.

Sementara peserta yang diundang terdiri dari Kepala Desa dan Lurah, para pelajar serta wartawan Langkat yang mewakili dari tiga lokasi Langkat Hilir, Langkat Hulu dan Teluk Aru.(*)

  • Reporter: A.M Santoso
  • Editor: Mangampu Sormin