Dikelilingi 12 Sungai, Potensi Wisata Air di Medan Tinggi

oleh -154 views

POSMETROMEDAN.com – Dikelilingi 12 sungai, potensi wisata air di Kota Medan cukup tinggi.

“Medan ini dikelilingi 12 sungai sehingga menjadi potensi,” ujar Wali Kota Medan Bobby Nasution, saat acara aksi peduli Sungai Babura di Lapangan Serbaguna Kampung Sejahtera, Jalan Zainul Arifin, Rabu (27/10).

Selain berpotensi menjadi wisata, keberadaan sungai diakui Bobby juga memunculkan potensi lain yakni banjir. Diakuinya, di dalam sesuatu  pasti ada potensi baik ataupun kurang baik. Namun, potensi yang baiklah harus tetap ditonjolkan.

BACA JUGA..  Program Masjid Mandiri Besutan Bobby, Jadi Solusi Konkret Ekonomi Umat

“Tinggal kita bagaimana melihat potensi yang ditonjolkan untuk dikelola ketimbang potensi tidak baik. Oleh karena itu Pemkot Medan melihat bagaimana penanggulangan sungai itu sendiri,” bilangnya.

Pemko Medan diakui Bobby sangat fokus dalam penataan sungai. Akan tetapi karena sungai bukan kewenangannya, maka perlu kolaborasi dengan berbagai pihak.

“Berbicara tentang sungai berkali-kali saya sampaikan tentang sungai fokus memperbaiki kota Medan dari sisi sungai,” ungkapnya.

Bersama Pemprov Sumut, lanjut Bobby sudah dilakukan penetapan penataan tiga sungai yakni Sungai Babura, Sungai Bederah dan Sungai Deli. Ia mengaku hal ini sudah berulang kali dia sampaikan.

BACA JUGA..  Usman Minta Segera Eksekusi Lahan di Krakatau Yang Diserobot Aldo

“Ketiga sungai ini sudah diajukan kepada Pemprov Sumut (untuk penataan) dan alhamdulillah sudah disupport bapak gubernur, di mulai dari mana diluan, kurang lebih seperti itu dan sudah keluar surat penetapan gubernur, mudah-mudahan ini bisa dilakukan mulai akhir 2021,” ucap dia.

Dalam kesempatan itu dia menyampaikan apresiasi kepada Ketua Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (PPPKS), Aminoer Rasyid. Sebab, telah berhasil merubah wajah kampung kubur yang dahulu negatif menjadi positif.

BACA JUGA..  APBD Pemko Medan Disahkan Rp 6,6 T Lebih

“Beliau (Rasyid) ini sangat luar biasanya mewujudkan kampung kubur menjadi kampung sejahtera,” ungkapnya.

Ketua PPPKS, Aminoer Rasyid, dalam kesempatan itu mengatakan pihaknya berharap banyak dari Pemko Medan untuk pengembangan kampung sejahtera.

“Harapan kami, sumbangsih pak wali membantu kami mewujudkan mimpi kami. Sehingga kehidupan masyarakat di kampung sejahtera bisa terdongkrak. Kehadiran pak wali menjadikan kampung ini bisa sejahtera,” katanya. (ali)

EPAPER