Dengar Keluhan Warga, Bobby Minta Dinas PU Benahi Drainase di Tanjung Gusta

oleh
Bobby Nasution cek kondisi Jalan Puskesmas, Kelurahan Tanjung Gusta, yang selalu digenangi air apabila turun hujan. (Ist/posmetro)

POSMETROMEDAN.com – Begitu mendengar keluhan warga terkait tidak  adanya drainase di sekitar rumah mereka sehingga menyebabkan banjir saat turun hujan, Wali Kota Medan Bobby Nasution langsung gerak cepat (gercep) turun ke lokasi yang berada di Jalan Puskesmas,  Kelurahan Tanjung Gusta, Kecamatan Medan Helvetia, Jumat (20/8) petang.

Apa yang dikeluhkan warga terbukti, banyak drainase yang ditemui mengalami penyumbatan, bahkan tidak sedikit salurannya terputus-putus sehingga menjadi penyebab utama terjadinya banjir di kawasan tersebut.

Gercep ini dilakukan Bobby Nasution didampingi Camat Medan Helvetia Andy Mario Siregar dan Lurah Tanjung Gusta  Irwanta Ginting. Dengan berjalan kaki, orang nomor satu di Pemko Medan itu mengecek kondisi drainase yang ada.

BACA JUGA..  Apel Perdana PUD Pasar Medan Pasca Libur Idul Fitri 1445, Suwarno: Perkuat Kolaborasi Untuk Tingkatkan Pelayanan

Saat pengecekan berlangsung, terlihat sejumlah warga datang menemui dan melaporkan mengenai tidak adanya drainase di kawasan tersebut sudah sejak dulu. Keluhan itu langsung ditanggapi, Bobby kemudian menelpon Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan Zulfansyah Ali Syahputra dan mempertanyakan mengapa di kawasan itu tidak ada drainase, kalau pun ada kondisinya tersumbat.

Selanjutnya, Bobby menginstruksikan kepada Zulfansyah agar Dinas PU segera melakukan pengorekan drainase agar banjir yang terjadi di daerah ini dapat teratasi.

“Miris sekali ini kondisinya, saya minta kepada Bapak Kadis untuk segera meninjau dan menindaklanjutinya segera. Sebab, sejak 2 bulan yang lalu, Dinas PU Kota Medan sudah melakukan survei ke lokasi ini namun belum dilakukan pengerjaan,” kata Bobby.

BACA JUGA..  Bobby Nasution Segera Tindak Lurah yang Naikkan Harga di Pasar Murah

Kemudian kepada warga, Bobby mengatakan, setelah dilakukan pengecekan akan dilanjutkan dengan perbaikan. Setelah diperbaiki, Bobby berpesan agar warga selalu berkolaborasi bersama Pemko Medan untuk merawatnya dengan tidak membuang sampah ke dalam drainase serta rutin bergotong royong membersihkan drainase. Kepada camat, Bobby juga berpesan agar Dinas PU tak kunjung datang, segera laporkan kepada dirinya.

“Yang ngasih tau saya pak lurah dan camat. Saya diminta ke sini sama mereka berdua untuk melihat langsung. Mudah-mudahan bisa kita kerjakan semua ini, terutama drainasenya agar tidak banjir. Setelah diperbaiki, rawatlah drainase ini dan jangan buang sampah sembarangan. Pak camat juga harus kasih tahu saya, jika Dinas PU tidak datang. Sebab, kawasan ini sudah disurvey 2 bulan lalu. Masyarakatnya pasti marah kalau tidak dikerjakan,” tegasnya.

BACA JUGA..  HIPMI Sumut Optimis Bobby Didukung Koalisi Indonesia Maju di Pilgubsu

Sebelumnya, Bobby juga meninjau penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jalan Gaperta/Jalan Bakti Lingkungan VI Kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia.

Dalam peninjauan tersebut, Bobby juga menyapa sejumlah warga dan memberikan mereka sembako sebagai bentuk kepedulian Bobby terhadap warga.

Di samping itu, Bobby juga memberikan masker kepada warga sembari mengingatkan kepada mereka untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab, prokes merupakan salah satu kunci agar penyebaran Covid-19 di Kota Medan dapat segera diminimalisir. (ali)