7 Bal Ganja dan 5 Bungkus Sabu Dilempar Melalui Tembok

oleh -115 views
Pihak Polres Simalungun memaparkan Sabu dan Ganja yang diserahkan pihak Lapas Kelas II Siantar. Saat ini polisi sedang menyelidiki siapa pemilik barang haram tersebut di dalam Lapas. (Ist/posmetro)

POSMETROMEDAN.com – Untuk kedua kalinya, Lapas Kelas II Siantar mendapat ‘kiriman’ narkotika jenis Ganja dan Sabu. Pelaku melemparkan barang haram tersebut dari luar melalui tembok Lapas.

Mendapat ‘kiriman’ narkotika, pihak Lapas pun segera berkordinasi ke Polres Simalungun untuk mengungkap pelaku, baik yang mengirim dan pelaku yang akan menerima di dalam Lapas.

Kini, polisi sedang menyelidiki pelaku pelemparan narkoba jenis Ganja dan Sabu tersebut. Adapun Sabu yang ditemukan petugas Lapas sebanyak lima paket ukuran besar dan tujuh bal Ganja.

Kasatnarkoba Polres Simalungun AKP Adi Haryono, membenarkan pihaknya telah menerima barang bukti Ganja dan Sabu dari Lapas. Polisi pun kemudian memburu pemilik barang haram itu.

BACA JUGA..  Vaksinasi Tahap II AKBRI 1998 di Medan Lancar dan Tertib

“Benar (diserahkan ke Satnarkoba Polres Simalungun). Sedang dilakukan penyelidikan untuk ungkap pelakunya,” kata Adi, Rabu (21/7/2021).

Kalapas Kelas II Siantar, Rudi Fernando Sianturi menjelaskan, temuan barang haram pada Selasa (20/7/2021) sekitar pukul 05.30 WIB. Berawal dari petugas Pos Menara Lapas Taufiq Sipayung mendengar suara mencurigakan dari seputaran tembok Lapas, Curiga ia lalu memeriksa.

“Ketika petugas senter dari atas menara ada seperti barang mencurigakan yaitu plastik kresek berwarna Biru. Kemudian petugas pos menara segera melaporkan kejadian tersebut kepada komandan regu Jaga Juyandri Saragih,” kata Rudi.

BACA JUGA..  Anggota TNI AU Bonyok Dikeroyok di Klambir V, 5 Orang Diamankan

Kalapas menjelaskan, petugas pos menara sempat menyenter ke arah luar tembok. Namun karena situasi di luar tembok kurang pencahayaan, pelaku pelemparan tersebut tidak terlihat.

Menurutnya, pihaknya tak langsung mendekati barang tersebut, melainkan membiarkannya untuk melihat siapa penerima barang. Namun hingga pukul 10.00 WIB, tak satupun menyentuh mengambil ganja dan sabu yang terbungkus plastik itu. Pihaknya kemudian berkoordinasi dengan Satnarkoba Polres Simalungun.

BACA JUGA..  Nekat Lompat ke Bendungan Bandar Dolok, Pemuda Tewas Tenggelam

“Ketika membuka bungkusan itu berisi 7 bal besar ganja dan 5 bungkusan ukuran besar sabu,” ujarnya.

Rudi menerangkan pelemparan narkoba ke dalam Lapas Kelas Batu VII merupakan kedua kalinya. Namun pelakunya baik pelaku pelemparan dan penerima di Lapas belum terungkap hingga sampai saat ini. Ia mengaku setelah temuan kasus ini arahan dari Direktur jenderal pemasyarakatan dan Kepala Divisi pemasyarakatan kanwil Sumut agar memperketat setiap pengawasan. Selain itu, penggeledahan dan pemeriksaan barang dan orang yang akan lewat P2U di Lapas juga. (bbs/gib)

EPAPER