Dishub Medan Mulai Berlakukan e-Parkir 

oleh -110 views

EPAPER

POSMETROMEDAN.com – Parkir nontunai (e-Parkir) mulai diberlakukan, Minggu (28/3) bersamaan dengan soft launching Kesawan City Walk, yang akan diresmikan Wali Kota Bobby Nasution, sore nanti.

Untuk tahap awal, sebagai percontohan, e-Parkir mulai diterapkan di Jalan Ahmad Yani sampai Jalan Balai Kota.

Petugas e-Parkir yang bertugas dilengkapi dengan bed yang menjadi barcode untuk membayar tarif parkir. Penerapan parkir nontunai sendiri di lakukan dalam rangka meminimalisir potensi kebocoran PAD dari retribusi parkir. Tarif parkir untuk motor Rp 2.000, mobil Rp 3.000.

BACA JUGA..  Sambut Ramadan 1442 H, KNPI Medan Denai Serahkan Bansos kepada Anak Yatim & Duafa

“Sebelum bekerja, petugas e-Parkir terlebih dahulu disuntik vaksin Covid-19,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Medan, Iswar Lubis, Minggu (28/3).

Iswar juga mengatakan, pihaknya mengerahkan 36 petugas untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang penerapan parkir nonton tunai di sepanjang Jalan Ahmad Yani sampai – Jalan Balai Kota.

“Total ada 36 orang yang kita kerahkan dibagi 3 shift untuk mendukung penerapan e-parkir atau parkir nontunai. Hari ini dikumpulkan semua sekaligus pelatihan. Selama ini kan mereka pelatihan teori, mungkin ada yang gagok, ini turun langsung dan berhadapan dengan masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA..  Ketua Fraksi Partai Gerindra Medan Minta Orangtua Pahami KIBBLA

Petugas yang menggutip parkir nontunai, kata dia, dibekali bed khusus yang bisa discan untuk pembayaran parkir.

“Bed itu berisi barcode, hasil pembayaran parkir nontunai langsung masuk ke rekening kas daerah,” terangnya. (ali)

EPAPER