MANDIRI SYARIAH

Setahun Terima Penetapan Sita Eksekusi, PN Lubukpakam Tidak Laksanakan Putusan MA

oleh -530 views

EPAPER

POSMETROMEDAN.com – Setahun menerima salinan putusan penetapan sita eksekusi, pemohon eksekusi memohon agar Pengadilan Negeri (PN) Lubukpakam, segera melaksanakan putusan untuk mengeksekusi lahan objek yang sebelumnya bersengketa yaitu terhadap lahan persawahan seluas 383 M2 dan 2.724 M2 di Dusun VIII Desa Pagarjati Kecamatan Lubukpakam Kabupaten Deliserdang.

Hal itu disampaikan pemohon eksekusi, Desita Lamtyur Silitonga (47) warga Dusun VIII Desa Pagarjati Kecamatan Lubukpakam, kepada Posmetro Medan, Selasa (23/2/2021) di PN Lubukpakam. Penetapan sita jaminan itu adalah sesuai keputusan penetapan Ketua PN Lubukpakam kelas I-A nomor 1/Pdt.Eks/2020/PN.Lbp, jo 87/Pdt.G/2016/PN Lbp, tertanggal 14 Januari 2020.

BACA JUGA..  Ribut di Pakter Tuak, Siadari Tewas Ditikami Manik

Dia tidak mengetahui langkah apa lagi yang akan ditempuhnya, sehingga dia mendapatkan keadilan. Sementara pihak lawannya bersengketa tetap menguasai lahan dan saat ini sedang mendirikan bangunan diatas lahan tersebut, sekalipun pemilik yang sah menurut hukum sudah diperolehnya. “Ada apa ini, di Negara ini hukum yang tertinggi” keluhnya.

Sembari menunjukkan salinan putusan yang dimenangkannya, sekira 2 tahun yang lalu, menerima salinan putusan dari Pengadilan Negara Tertinggi yaitu Mahkamah Agung dengan putusan Kasasi No. 3192.K/Pdt/2018 tertanggal 13 Desember 2018, oleh Ketua Majelis Sudrajat Dimyati SH MH bersama Hakim anggota Dr Drs M Yunus Wahab SH MH dan Pri Pambudi Teguh SH MH.

BACA JUGA..  Minta Uang Susu Anak, Suami Pukul Istri Pakai Gagang Sapu 

Putusan banding dari Pengadilan Tinggi Medan, nomor 147/Pdt/2017/PT-Mdn tertanggal 2 Agustus 2017, dan putusan Pengadilan Negeri Lubukpakam, nomor 87/Pdt.G/2016/PN.Lbp, tertanggal 19 Desember 2016.

Selain itu, pemohon eksekusi juga sudah menerima berita acara teguran (Aanmaning) terhadap tergugat sebanyak 2 kali yaitu tertanggal 23 Januari 2020 dan 13 Februari 2020 dengan nomor 1/Pdt.Eks/2020/PN Lbp, jo 87/Pdt.G/2016/PN.Lbp.

BACA JUGA..  Polsek Medan Kota Belum Tangkap Komplotan Preman Penganiaya Jukir

Sementara Juru Bicara PN Lubukpakam, Anggalanton Manalu ketika dikonfirmasi posmetromedan.com mengatakan akan mempelajari dimana permasalahannya. Biasanya, kalau sudah menerima penetapan sita eksekusi, pelaksanaan eksekusi itu tidak lama lagi.

Sebaiknya pihak pemohon agar meminta keterangan kepada bagian perdata PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) PN Lubukpakam, kenapa perkara itu belum juga dieksekusi, jelasnya. (drt)