MANDIRI SYARIAH

Belawan Bentrok, Polisi Dilempari Batu, Kepling Roboh Kena Lempar

oleh -5.195 views
BENTROK : Dua kelompok remaja di Belawan, terlibat bentrok di tengah Jalan Stasiun/simpang kantor Camat Medan Belawan sejak Minggu (14/2/2021) subuh hingga pagi.(IST/POSMETRO MEDAN)

EPAPER

POSMETROMEDAN.com – Dua kelompok remaja di Belawan, terlibat bentrok sejak Minggu (14/2/2021) subuh hingga pagi. Polisi pun dilempari saat berusaha menghentikan bentrok.

Bentrokan yang terjadi di tengah Jalan Stasiun/simpang kantor Camat Medan Belawan itu melibatkan warga Kelurahan Belawan 1 dan Kelurahan 11. Masing-masing kubu perang dengan menggunakan batu (saling lempar) hingga senjata tajam.

Akibatnya, masing-masing kubu mengalami luka. Selain itu, banyak rumah rusak akibat lemparan. Adanya aksi bakar ban di ruas jalan juga menyebabkan lalulintas macet total.

BENTROKAN : Dua kelompok remaja di Belawan terlibat bentrok sejak Minggu (14/2/2021) subuh hingga pagi.(IST/POSMETRO MEDAN)

Parahnya, Kepala Lingkungan XIV Lorong Stasiun, Irfansyah (45) terpaksa menjalani perawatan di RS Komang TNI AL Belawan. Kepalanya bocor terkena lemparan batu saat berusaha menghentikan bentrok.

BACA JUGA..  Lantik Enam Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak 2020, Gubernur Sumut : Kenali Persoalan dan Potensi Wilayah Masing-Masing

Mendapat laporan adanya bentrok, pasukan Dalmas dari Polres Pelabuhan dan puluhan petugas Polsek Belawan turun ke lokasi. Namun kehadiran petugas tak menyurutkan emosi kedua kubu.

Seolah menolak campur tangan polisi, mereka justru balik melempari petugas pakai batu. Melihat situasi tak terkendali, demi keselamatan, petugas memilih mundur dan meminta bantuan Polres.

BOCOR : Kepala Lingkungan XIV Lorong Stasiun, Irfansyah terpaksa menjalani perawatan di RS Komang TNI AL Belawan karena kepalanya bocor terkena lemparan batu saat berusaha menghentikan bentrok.(IST/POSMETRO MEDAN)

Tak lama, bantuan dari Polres Pelabuhan tiba dengan dipimpin langsung Wakapolres Kompol Herwansyah. Tanpa buang waktu, kedua kelompok diminta menghentikan perkelahian. Secara berlahan kedua kubu akhirnya mundur ke tempat masing-masing setelah polisi menembakkan gas air mata.

BACA JUGA..  Dua Kurir Sabu Jaringan Internasional Diamankan, Begini Kronologis Penangkapannya

Kompol Herwansyah Putra menyebutkan motif tawuran hanya sepele gara-gara saling ejek atau senggolan. “Pembubaran tawuran dilakukan sesuai SOP, mulai dari pengimbauan segera membubarkan diri. Ternyata tidak diindahkan, bahkan mereka melempari kita, sehingga kita melakukan cara represif, dengan menembakkan gas air mata,” ujar Herwansyah kepada wartawan di lokasi kejadian.

Waka Polres menambahkan, dalam aksi tawuran itu belum ada oknum atau pihak tertentu yang diduga sebagai dalang terjadinya tawuran. Lalulintas di kawasan Jalan Stasiun, Belawan mulai normal kembali sekira pukul 08.45 WIB.

BERINGAS : Dua kelompok massa yang terlibat bentrok masih saja beringas dan saling serang.(IST/POSMETRO MEDAN)

Dan untuk mengantisipasi bentrok serupa terjadi, rencananya hari ini, Senin (15/2/2021) pihak Polres menggelar pertemuan dengan stakeholder yang ada di Medan Utara.

BACA JUGA..  Jelang Dilantik, Bobby Temui Gubsu Malam-malam

Informasi lain terkait motif, bentrok kedua kelompok warga tersebut di picu ada balas dendam. Hal tersebut dikatakan salah seorang warga Kampung Salam Kelurahan Belawan 11, Rohmat.

Rohmat mengatakan pada Kamis malam lalu ada warga Kelurahan Belawan ll dibacok saat berkunjung (bermain) di Kelurahan Belawan l. Usai berobat, korban membawa teman temanya untuk balas dendam. Perselihan terus berlanjut hingga akhirnya terjadi bentrok.

Situasi di lokasi bentrok sudah aman dan kondusif. Pun begitu, petugas gabungan dari Polres Pelabuhan dan Polsek Medan Belawan masih berjaga.(bbs/ras)