Pemprov Sumut Sembelih 155 Sapi, Salah Satunya Lembu 1,2 Ton dari Jokowi

  • Whatsapp

POSMETROMEDAN– Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) menyembelih sebanyak 155 ekor sapi pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah. Salah satunya sapi seberat 1,2 ton yang merupakan hewan kurban dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dari Pantauan, Jumat (31/7/2020), penyembelihan hewan kurban dilakukan di halaman Kantor Gubernur Sumut. Berjejer beberapa ekor sapi yang telah diikat. Salah satunya milik Presiden Jokowi.

Bacaan Lainnya

Tampak juga saat prosesi penyembelihan hewan kurban tidak ramai. Hanya tampak sejumlah petugas penyembelih dan petugas keamanan. Tidak terlihat, kerumunan masyarakat yang hendak menyaksikan prosesi penyembelihan.

“Kita informasikan bahwa ASN di Pemprovsu, Bapak Gubernur, Wakil Gubernur dan BUMD pada tahun ini berkurban sebanyak 154 ekor sapi,” kata Sekda Pemprov Sumut, Sabrina kepada wartawan di Kantor Gubernur Sumut.

Sabrina menyebutkan selain 154 ekor sapi dari Pemprovsu, ada satu ekor dari Presiden Jokowi. Sapi seberat 1,2 ton itu dibeli dari peternak di Sumut.

“Ada satu ekor sapi dari Bapak Presiden. Jadi totalnya 155 ekor sapi yang disembelih,” sebut Sabrina.

Sabrina juga menjelaskan sapi-sapi dari Pemprovsu itu bukan dibeli menggunakan APBD. Namun, itu adalah ibadah dari masing-masing pribadi, kemudian disatukan menjadi satu di Pemprovsu.

“Jadi ini bukan anggaran, ini adalah ibadah dari masing-masing pribadi disatukan menjadi satu di Pemprovsu. Ini disebar ke 33 kabupten/kota di Sumut dan bekerjasama dengan MUI setempat,” sebut Sabrina.

Daging-daging sapi ini nantinya akan dibagikan, namun tidak memakai wadah plastik. Gubernur Sumut meminta wadah yang dipakai sejenis besek.

“Kita diarahkan oleh Bapak Gubernur tidak boleh memakai wadah plastik. Tetapi memakai wadah seperti besek buatan UMKM di Sumut sehingga mereka itu mempunyai pemasaran yang kita beli hasil kerajinannya,” ujar Sabrina.

“Kami telah melakukan penyembelihan hewan kurban ini, mudah-mudahan amal ibadah kita dibalas oleh Allah SWT dengan berlipat ganda,” pungkas Sabrina.(deco/red)

Pos terkait