PERUMAHAN WEB

UPT Kemendikbudristek Gelar Pameran Bulan Merdeka Belajar 2024 di Sumut

oleh
UPT Kemendikbudristek foto bersama usai memberikan piagam penghargaan di acara Bulan Merdeka Belajar 2024. (ist)

Posmetromedan.com – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berkolaborasi dengan semua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang ada di Sumut menggelar Pameran Bulan Merdeka Belajar.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 31 Mei hingga 2 Juni 2024 di Gedung Aula Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Jalan Gatot Subroto, Medan.

Secara resmi, Pameran dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si.

Dalam sambutannya, perwakilan Pj Gubernur Sumut menyampaikan agar program-program Kemendikbudristek yang ada di provinsi Sumut dan Kabupaten/Kota dapat terlaksana dengan baik, sehingga mutu Pendidikan yang kita harapkan dapat terwujud.

BACA JUGA..  Wujudkan Penataan Lalin dan Angkutan Jalan Semakin Tertib, Pemko Bersama Ditlantas Poldasu Bentuk Tim Terpadu

Hadir dalam kegiatan ini beberapa jajaran pejabat pusat dan daerah, diantaranya Direktur SMK Kemendikbudristek, Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd, beberapa kepala daerah, Kepala Dinas Pendidikan dari 34 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara, Polda Sumatera Utara, KODAM Bukit Barisan, Ombusman, Kejaksanaan Tinggi Sumatera Utara, DPRD Provinsi Sumatera Utara, Inspektur Daerah, Sekretaris Daerah, Bappeda, Inspektur Daerah, Rektor Perguruan Tinggi, PWI, Guru Penggerak, Sekolah Penggerak, praktisi pendidikan, mahasiswa, dan Masyarakat umum.

Pameran ini diselenggarakan tidak hanya untuk memeriahkan Bulan Merdeka Belajar dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional, tetapi juga untuk menampilkan capaian kinerja program Merdeka Belajar berbagai UPT yang ada.

Menurut Tajuddin Idris, S.Si, MT Kepala BPMP Provinsi Sumut yang juga menjadi ketua Panitia penyelenggara kegiatan Bulan Merdeka Belajar menyampaikan, kegiatan ini dimaksudkan untuk menyemarakkan Bulan Merdeka Belajar kepada masyarakat luas, khususnya pengunjung pameran, dapat mengenal dan mengetahui hasil-hasil yang telah dicapai dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.

BACA JUGA..  Dinas SDABMBK Medan Lakukan Percepatan Pengecoran Talud

Lanjut Tajuddin, pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan komitmen Bersama pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) oleh Kepala Daerah/Kepala Dinas Pendidikan dari 34 Kabupaten/Kota dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara serta instansi terkait. Dengan komitmen ini, setiap daerah melaksanakan PPDB sesuai dengan peraturan yang ada.

Berbagai program menarik dipamerkan di stand pameran UPT Kemendikbudristek, melalui produk-produk program yang telah mereka laksanakan di Sumatera Utara.

Selain pameran, beberapa kegiatan yang ditampilkan antara lain dalam acara tersebut adalah Tarian Multi Etnis, Teater Tari AA Nafis, Seminar Pendidikan Vokasi, Lomba Tradisional dan Lomba Cerita, serta lomba menggambar spontan.

BACA JUGA..  Wujudkan Penataan Lalin dan Angkutan Jalan Semakin Tertib, Pemko Bersama Ditlantas Poldasu Bentuk Tim Terpadu

Banyak kegiatan lain yang juga dilaksanakan dalam rangkaian pameran. Selain stand dari UPT Kemendikbudristek, stand dari Mitra Pembangunan dan UMKM turut meramaikan acara Pameran Bulan Merdeka Belajar ini, sehingga semakin memeriahkan suasana.

Kolaborasi antar UPT Kemendikbud dalam pameran ini menunjukkan komitmen bersama dalam memajukan pendidikan di Sumatera Utara. Dengan adanya berbagai kegiatan dan program yang dipamerkan, diharapkan dapat memberikan inspirasi dan informasi kepada masyarakat mengenai perkembangan dan inovasi dalam dunia pendidikan dan kebudayaan di Provinsi Sumatera Utara. (ril)

Editor: Ali Amrizal