Dana Bos Sekolah Dasar di 2 Kecamatan Agara Diduga Dikorupsi

oleh
Ilustrasi dana Bos yang disalurkan ke tiap sekolah dasar negeri di Kabupaten Aceh Tenggara. (Ist)

Posmetromedan.com – Pengelolaan Dana Bantuan Sekolah (BOS) sekolah dasar di dua kecamatan; Badar dan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara, diduga menjadi lahan ajang korupsi para pihak sekolah.

Hal itu disampaikan Sekda Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kabupaten Aceh Tenggara, Dahrin, kepada Posmetromedan.com pada Kamis (15/2/2024).

Menurut Dahrin, dugaan penyelewengan Dana BOS yang setiap tahunnya dialokasikan pemerintah ke sekolah dasar khususnya milik pemerintah (negeri), hanya sedikit yang tepat sasaran.

BACA JUGA..  Proyek TPT Desa Bahagia diduga Asal Jadi Dibiarkan Camat Lawe Bulan

“Dugaan itu tampak jelas di hampir setiap SD negeri di Kecamatan Badar dan Lawe Bulan. Seperti, mobiler; pagar sekolah; papan tulis buram, bangunan sekolah tidak dicat, bahkan plafon bocor di sekolah saja tak mampu diperbaiki. Padahal dana BOS cukup besar dialokasikan ke sekolah,” katanya.

“Rawannya dana BOS ini dikorupsi akibat lemahnya pengawasan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tenggara, Julkifl beserta para pengawas dan UPTD,” tegas Sekda LIRA, Dahrin.

BACA JUGA..  Korupsi Dana BLU Rp 8 M, Eks Dirut Adam Malik Tersangka

Seharusnya, dana BOS ini mulai dari pencairan hingga penggunaan harus diawasi agar tidak menyimpang.

“Kami minta pihak Polres Agara melalui Kanit Tipikor untuk segera melakukan penyelidikan Dana BOS tahun 2022 hingga 2023 di SD Negeri yang ada di Kecamatan Badar dan Kecamatan Lawe bulan,” tegasnya mengakhiri. (*)

Reporter: Safrizal
Editor: Maranatha Tobing