Pj. Sekda Kota Tebing Tinggi Buka Rakor Forum Konsultasi Publik/forum Perangkat Daerah Dp3apm Kota Tebing Tinggi

oleh
Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M. membuka rapat koordinasi forum konsultasi publik/forum perangkat daerah DP3APM Kota Tebing Tinggi, Rabu, (24/01/2024) di aula Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM), Jalan Gunung Dempo No. 17 Tebing Tinggi.
Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M. membuka rapat koordinasi forum konsultasi publik/forum perangkat daerah DP3APM Kota Tebing Tinggi, Rabu, (24/01/2024) di aula Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM), Jalan Gunung Dempo No. 17 Tebing Tinggi.

Posmetromedan.com –  Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M. membuka rapat koordinasi forum konsultasi publik/forum perangkat daerah DP3APM Kota Tebing Tinggi, Rabu, (24/01/2024) di aula Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM), Jalan Gunung Dempo No. 17 Tebing Tinggi.

Dalam sambutannya, Pj. Sekda Kota Tebing Tinggi mengatakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) telah menjadi istilah populer dalam penyelenggaraan perencanaan pembangunan dan penganggaran di daerah. Namun pada pelaksanaannya, Musrenbang sering kali belum mencerminkan semangat musyawarah yang bersifat partisipatif dan dialogis.

“Musrenbang belum dapat menjadi ajang yang bersahabat bagi warga masyarakat terutama kelompok masyarakat yang kurang mampu dan perempuan dalam menyuarakan aspirasi dan kebutuhannya,” ujar Pj. Sekda.

BACA JUGA..  Pj Bupati Langkat: Tugas Utama Saya Mengentaskan Kemiskinan

Dikatakan Pj. Sekda, sesuai dengan surat edaran Walikota Tebing Tinggi No. 050/8404/BAPP-TT perihal petunjuk teknis penyelenggaraan Musrenbang RKPD tahun 2025 Kota Tebing Tinggi dan RPJPD tahun 2025-2045 Kota Tebing Tinggi, dimana tahapan pelaksanaan Musrenbang setelah Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan adalah forum perangkat daerah.

“Untuk itu, guna menyelaraskan dan mempertajam indikator serta target kinerja dinas sesuai dengan visi dan misi dalam mewujudkan peningkatan pembangunan Kota Tebing Tinggi melalui sumber daya manusia yang berkualitas, peningkatan infrastruktur dan penguatan ekonomi yang berkelanjutan, maka perlu dilaksanakan forum konsultasi publik berupa forum perangkat daerah,” jelas Pj. Sekda.

BACA JUGA..  Ratusan Pelajar dan Masyarakat Tebing Hadiri Peringatan Isra Mi'raj 1445 H

Pada kesempatan ini, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tebing Tinggi menggelar kegiatan ini dengan tujuan, antara lain:

1. Menyelaraskan program dan kegiatan DP3APM dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang RKPD di kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD,
2. Mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan DP3APM sesuai tugas dan fungsi perangkat daerah,
3. Menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah, dan
4. Menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah.

BACA JUGA..  Diduga Sebar Hoax, Oknum ASN Pemkab Simalungun akan Segera Dilaporkan

Turut serta hadir dalam kegiatan tersebut, para OPD atau yang mewakili, seluruh Camat dan Lurah se-Kota Tebing Tinggi atau yang mewakili, Anggota DPRD Kota Tebing Tinggi Erniwati, tokoh masyarakat, Kepala Lingkungan se-Kota Tebing Tinggi, dan Tim Peliputan Diskominfo.

REPORTER: Ridwan Manurung
EDITOR: Surya