Budaya Merawat Riding Gear Dukung #cari_aman di Jalan

oleh
Rider sepeda motor Honda saat melakukan touring yang aman. (Dok.Indako for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Budaya #cari_aman yang diwujudkan melalui kepedulian dalam memastikan kebersihan perlengkapan berkendara (riding gear) yang digunakan sehari-hari seperti helm , jaket,  dan sarung tangan menjadi salah satu jurus pintar yang mendukung pengendara untuk mendapatkan kesenangan dan kenyamanan selama berkendara.

Sofiyan Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, sebagai pengguna roda dua, tentunya membutuhkan banyak perlengkapan berkendara guna melindungi tubuh maka kedisiplinan untuk melakukan perawatan dan menjaga kebersihan perlengkapan berkendara menjadi salah satu komitmen #cari_aman yang perlu untuk dibudayakan dan menjadi gaya hidup para pengendara roda dua.

Sofiyan Hazri juga mengungkapkan bahwa saat ini masih banyak pengendara motor yang mengabaikan kebersihan dengan langsung menyimpan perlengkapan berkendaranya setelah digunakan dalam tempat yang tidak tepat. Bahayanya, kebiasaan buruk tersebut tidak hanya dapat merusak riding gear, namun dapat menjadi sumber bakteri yang mengancam kesehatan serta keselamatan pengendara. Menurutnya ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk merawat dan memastikan kebersihan riding gear untuk kenyamanan berkendara.

Cara pertama, riding gear yang basah setelah dipakai karena keringat ataupun terkena hujan harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum disimpan di ruangan terbuka dengan kondisi cahaya lampu yang cukup sehingga lebih cepat kering. Namun jika riding gear dalam kondisi kering, maka cukup dibersihkan dengan menggunakan lap yang bersih ataupun menggunakan tissue basah anti bakteri. Kedua, Membersihkan bagian kaca helm dengan lap serta cairan khusus visor helm guna mendapatkan pandangan yang lebih cerah ketika berkendara, dan menjemur bagian dalam helm sehingga keringat yang menempel dapat segera kering dengan baik dan mengurangi risiko tumbuhnya bibit bakteri.

Selanjutnya cara yang ketiga, menjaga kelembaban riding gear dapat menghindarinya dari kerusakan, mengingat riding gear dapat terkelupas karena terlalu kering. Kelembaban yang berlebihan juga berpotensi membuat jamur dan bakteri tumbuh lebih cepat. Keempat,  jika ingin menggunakan pengharum sebaiknya gunakan pengharum khusus untuk riding gear yang juga dapat menjaga kondisi kelembaban permukaan riding gear tersebut tetapi tidak disarankan menggunakan pengharum yang berlebihan karena dapat mengganggu konsentrasi ketika berkendara khususnya pada helm full face. Sedangkan kelima, jika dibutuhkan dapat menggunakan cairan disinfektan terutama pada bagian yang seiring disentuh dan terlihat kotor, sehingga kondisinya tetap nyaman dan sehat untuk digunakan.

Dengan semangat Satu Hati Sofiyan Hazri menambahkan, bahwa Honda mengajak untuk meningkatkan kesadaran menjaga kebersihan dan memahami cara merawat riding gear dengan baik dan benar, karena gaya hidup tersebut tidak hanya mendukung gaya berkendara menjadi lebih kece dan stylish, namun kondisi perlengkapan berkendara kesayangan tetap prima juga mendukung terciptanya #cari_aman di jalan. (*)

Reporter: Budi Hariadi
Editor: Maranatha Tobing