Ratusan Siswa-siswi Sd Dan Smp Ramaikan Festival Seni Dan Budaya Pemko Tebing Tinggi Gelar

oleh
Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar Festival Seni dan Budaya Disdikbud Kota Tebing Tinggi, Senin (11/12/2023) di lapangan SMPN 5 Jalan Letda Sudjono, Kelurahan Pinang Mancung, Kecamatan Bajenis.
Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar Festival Seni dan Budaya Disdikbud Kota Tebing Tinggi, Senin (11/12/2023) di lapangan SMPN 5 Jalan Letda Sudjono, Kelurahan Pinang Mancung, Kecamatan Bajenis.

Posmetromedan.com – Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar Festival Seni dan Budaya Disdikbud Kota Tebing Tinggi, Senin (11/12/2023) di lapangan SMPN 5 Jalan Letda Sudjono, Kelurahan Pinang Mancung, Kecamatan Bajenis.

Festival Seni dan Budaya ini, digelar mulai hari Senin, 11 Desember 2023 hingga nantinya berakhir pada hari Jumat, 15 Desember 2023 dan diikuti oleh ratusan siswa/siswi mulai dari tingkat SD hingga SMP di Kota Tebing Tinggi.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Sekdisdikbud) H. Drajat, S.Pd., M.Pd., mewakili Kadisdikbud, mengatakan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi keanekaragaman macam budaya yang tersebar di seluruh Indonesia.

BACA JUGA..  Pj Bupati Langkat: Tugas Utama Saya Mengentaskan Kemiskinan

“Sebagaimana kita ketahui, bahwa di negara kita ini sangat banyak macam budaya, bahasa sebanyak 720 jenis bahasa daerah dan terdiri dari 1.340 suku bangsa. Tentu setiap suku mempunyai budaya masing-masing, dengan latar belakang itulah diadakan kegiatan ini, agar kita tetap menghargai dan melestarikan budaya-budaya kita seperti budaya seni seperti olahraga tradisional,” kata Sekdisdikbud.

Diakhir, Sekdisdikbud juga meminta kepada peserta, siswa SD dan SMP, agar siap bertanding menjunjung sportifitas serta kepada Panitia agar melakukan penilaian yang objekif.

“Selamat bertanding, jaga kekompakan. Jangan saling membully tapi harus saling menghargai dan saling mensupport antara satu dan lainnya. Sekali lagi siap kalah, kalau kalah memang itulah kemampuan kita, asal penilaiannya secara objektif,” tutup Sekdisdikbud.

BACA JUGA..  Pj Bupati Langkat Sidak ke Desa Tanjung Jati, Ini Pesannya

Sebelumnya, Kepala SMPN 5 Kota Tengku Asmaliyah, S.Pd., mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas digelarnya festival ini di SMPN 5, seraya berharap kepada guru dan siswa yang mengikuti kegiatan, merasa nyaman, aman dan tentram.

“Kami selaku tuan rumah memohon maaf apabila nantinya ada tutur kata, sikap dan tingkah laku kami yang mungkin tidak berkenan. Terima kasih atas kehadirannya di sekolah kami ini,” pungkas Kepala SMPN 5.

Festival Seni dan Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tebing Tinggi ini digelar dengan berbagai kegiatan, diantaranya lomba gobak sodor tingkat SD dan pertandingan bola kaki ayam tingkat SMP (11 dan 12 Desember 2023) bertempat di lapangan SMPN 5.

BACA JUGA..  Ratusan Pelajar dan Masyarakat Tebing Hadiri Peringatan Isra Mi'raj 1445 H

Lomba karnaval budaya Tingkat SMP (13/12/2023) di Gedung Balai Kartini Baru, lomba Paduan Suara tingkat SD (14/12/2023) di Gedung Balai Kartini Baru, dan acara penutupan sekaligus pembagian hadiah juara (15/12/2023) di Gedung Balai Kartini Baru.

Turut dihadiri Kepala Sekolah SD/SMP Negeri dan Swasta atau mewakili, para siswa SD/SMP dan tim peliputan Diskominfo.

REPORTER: Ridwan Manurung
EDITOR: Mangampu Sormin