Banjir Bandang Hantam Desa Lawetua Kecamatan Lawe Sigala-Gala, 21 Rumah Warga Rusak

oleh
Satu unit alat berat mulai bekerja membuka akses jalan lintas Kutacane-Medan, menyingkirkan material banjir bandang yang terjadi di Desa Lawetua Persatuan, Kecamatan Lawe Sigala-gala, Kabupaten Aceh Tenggara, Rabu (22/11/2023). Dalam musibah ini sebanyak 21 rumah rusak. (Sumber foto: facebook Amran Riko Marbun, warga setempat)

Posmetromedan.com – Banjir Bandang kembali melanda Kabupaten Aceh Tenggara, Selasa malam (21/11/2023). Kali ini yang daerah yang menjadi korban Desa Lawe Tua Persatuan, Kecamatan Lawe Sigala-gala, Kabupaten Aceh Tenggara, Rabu (22/11/2023).

Selain merusak 21 unit rumah penduduk, banjir bandang tersebut turut melumpuhkan arus  transportasi Kutacane – Medan.

Keterangan Zulsapri Desky, Sekretaris BPBD Aceh Tenggara, kepada Posmetromedan.com, Rabu (22/11/2023) mengatakan, sebanyak 21 rumah rusak diterjang banjir bandang.

BACA JUGA..  Lanal Tanjungbalai Asahan Gagalkan Peredaran 4 Kg Sabu

Dari jumlah itu, enam rumah rusak berat, sebelas rumah rusak ringan, dan empat rumah rusak sedang.

Bencana alam ini juga melumpuhkan jalur transportasi Kutacane – Medan. Pasalnya, berbagai jenis material banjir seperti gelondongan kayu, batu dan lumpur menumpuk di badan jalan. Hal ini terjadi karena jembatan di lokasi kejadian sudah tertutup material banjir.

BACA JUGA..  TKD Sumut Tidak Akui Bunda NW Donatur Utama Capres Prabowo-Gibran

Pantauan Posmetromedan.com  Rabu (22/11/2023) terlihat masyarakat bersama TNI, Polri dan OPD bergotong royong membersihkan kayu gelondongan, bebatuan di sekitar pemukiman dan badan jalan nasional yang menumpuk lumpur dan bebatuan.

Dilihat dari postingan masyarakat setempat di media sosial facebook, baik foto dan video menunjukkan dasnyatnya terjangan banjir tersebut. “Banjir bandang kembali menghantam kampung kita (Desa Lawetua Persatuan). Banyak rumah yang kena. Puji Tuhan, tidak ada korban jiwa,” ujar salah satu komentar warga setempat. (*)

BACA JUGA..  Berkas NW Terlapor Kasus Penipuan Masuk Polisi Naik Sidik di Polda Sumut

Reporter: Safrizal
Editor: Maranatha Tobing