Puluhan Bandit Berbagai Tindak Kejahatan Diringkus Polres Belawan 

oleh
Puluhan bandit dari berbagai kasus tindak kejahatan berhasil diringkus Polres Pelabuhan Belawan, dalam operasi 2 minggu belakangan ini. (Oki Budiman/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Dalam waktu dua minggu, personel Polres Pelabuhan Belawan berhasil membekuk puluhan bandit.

Didalam siaran persnya, Selasa (10/10) siang, Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Josua Tampubolon mengatakan, puluhan pelaku ini merupakan tersangka tindak pidana kasus kriminal dan juga narkoba.

Ia menjabarkan, untuk kasus tindak pidana kriminal ada 16 laporan polisi yang telah diungkap dan untuk jumlah tersangka ada 27 orang.

“27 orang itu terdiri dari 19 orang dewasa, 8 anak-anak dan 4 residivis. Kemudian, kami lakukan tes urin dan 6 orang positif narkoba,” ucap Josua.

Penangkapan terhadap puluhan penjahat ini diawali saat petugas mengamankan pelaku kasus pencurian dengan kekerasan. Dalam kasus ini ada dua orang pelaku yang diamankan.

BACA JUGA..  Ditinggal ke Ladang, Rumah di Panobasan Tapsel Hangus Terbakar

Ada pun modus dari para pelaku yakni, melakukan pencurian rokok dari truk kontainer.

“Modusnya, melakukan penyetopan terhadap truk yang melintas masuk ke wilayah Belawan. Kemudian oleh para pelaku ini di stop dan diancam. Korbannya ada yang di tikam dan ada yang dianiaya, ini sudah berhasil di ungkap oleh Kasat Reskrim. Para pelaku diamankan di luar kota,” jelasnya.

Kasus keduanya diamankan delapan orang remaja yang hendak melakukan aksi tawuran.

“Mereka ini membawa senjata tajam. Kita interogasi, pengakuannya mereka ini saling ejek, kemudian karena masalah perempuan. Lalu mereka ini hendak melakukan tawuran,” ucapnya.

Ada pula kasus penganiayaan secara bersama-sama. Pihaknya juga menangkap seorang pria yang merupakan pelaku pengancaman.

BACA JUGA..  Polda Sumut Limpahkan Berkas Ninawati Tersangka Tipu Gelap Masuk Anggota TNI-Polri ke Kejatisu

Namun, setelah dilakukan pengecekan, ternyata pelaku ini merupakan DPO kasus pembunuhan yang terjadi sekira tahun 2021 silam.

“Jadi setelah kita tangkap kita cek, ternyata pelaku ini merupakan pelaku tindak pidana pembunuhan yang selama ini di cari-cari,” ucapnya lagi.

Masih keterangan Josua, anggotanya juga mengungkap kasus peredaran uang palsu. Dan untuk pelaku utamanya masih dalam pengejaran.

“Menurut keterangan pelaku yang ditangkap, dia mendapatkan uang palsu tersebut dari seseorang yang kini sedang DPO,” ujarnya.

“Polsek Belawan menangani dua laporan polisi, pencurian dengan kekerasan. Ada tiga orang tersangka yang merupakan residivis, salah satu pelaku diberikan tindakan tegas dan terukur.

BACA JUGA..  Edi Suranta alias Godol Sudah Diserahkan ke Kejari Lubuk Pakam

Polsek Medan Labuhan juga menangani dua laporan polisi terkait kasus modus pencurian saat kebakaran. Para pelaku ini mencuri, AC TV dengan cara membongkar,” sambungnya.

Selanjutnya pihaknya mengungkap kasus narkoba. Dalam kasus narkoba ini sebanyak 40 orang pelaku berhasil diamankan.

“LP sebanyak 29 kasus narkoba, berhasil diamankan 40 tersangka. Terdiri dari 10 orang merupakan pengedar, 28 orang pengguna, dan 2 orang bandar,” jelasnya sembari menambahkan dari tangan para pelaku, petugas mengamankan barang bukti dengan total 183,003 gram narkotika jenis sabu dan juga uang tunai sebanyak Rp 11.562000. (*)

Reporter: Oki Budiman
Editor: Maranatha Tobing