IKLAN SIBOLGA

DPD Apkasindo Perjuangan Tapsel dan Paluta Dilantik

oleh
Ketua DPC Apkasindo Tapsel Ir Edy Potan Siregar dan Ketua DPC Apkasindo Paluta Sahbuddin Ritonga. (Foto: Istimewa/Posmetromedancom)

POSMETROMEDAN.com – Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Perjuangan, Alfian Arahman melantik 11 Dewan Pimpinan Daerah Apkasindo Perjuangan, termasuk Tapsel dan Paluta. Selain itu, juga dilantik bersamaan, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Apkasindo Perjuangan Sumut, di Aula Tengku Rizal Nurdin Rabu (30/11/2022) lalu.

Ketua Umum Apkasindo Perjuangan Alpian Arahman mengatakan, pelantikan itu, merupakan momentum untuk mempercepat realisasi Peremajaan Sawit Rakyat, Sarana dan Prasarana serta pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia berkelanjutan.

Disampaikan, saat ini Apkasindo Perjuangan, sudah terbentuk di 22 provinsi, serta 117 kabupaten yang memiliki tanaman sawit.

EPAPER
BACA JUGA..  Gandeng Yayasan Daarul Sep, PWI Labuhanbatu Bagikan Paket Sembako

Menurutnya, sektor perkebunan berperan strategis dalam pemecahan agenda besar pembangunan ekonomi nasional seperti membuka kesempatan kerja, penanggulangan kemiskinan, pembangunan daerah, peningkatan ekspor dan daya dorong tumbuhnya kegiatan ekonomi lokal pada sektor terkait.

Alpian juga menyampaikan, ekspor CPO dengan kategori non migas menyumbang devisa negara pada tahun 2021 kurang lebih Rp 451 Triliun. Dan itu menjadi sumbangan terbesar untuk devisa negara yang ikut terlibat bersamaan langsung di sektor perkebunan kelapa sawit kurang lebih 5 juta petani sawit. Serta tenaga kerja yang terlibat di dalam sektor sawit ada 17 juta orang.

BACA JUGA..  Anggota SPP Berjaga di HGU 62 Penara Kebun PTPN2

Sementara itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam sambutannya meminta kepada Apkasindo Perjuangan untuk bisa mendata berapa kebun kelapa sawit yang dimiliki warga.

Usai pelantikan Ketua DPC Apkasindo Tapsel Ir Edi Potan Siregar menyebut, pada intinya kehadiran Apkasindo Perjuangan di daerah adalah untuk mendukung upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat dari sektor perkebunan sawit.

BACA JUGA..  Anggaran Pengerasan Jalan di Desa Teluk Panji IV Dipertanyakan, Warga Sebut Tidak Dikerjakan

Dimana kata Edy, Tapsel juga memiliki potensi sawit yang sangat menjanjikan. Tentunya, DPC Apkasindo Perjuangan hadir untuk mendorong kesejahteraan para petani sawit didaerah itu.

Hal senada juga diutarakan Ketua DPC Apkasindo Paluta, Sahbuddin Ritonga. Menurutnya, daerah Paluta juga memiliki potensi kebun sawit yang cukup strategis. Tentu, melihat potensi besar itu, DPC Apkasindo Perjuangan siap berperan mendorong hasil perkebunan sawit rakyat yang lebih maksimal kedepan. (*)

Reporter: Amran Pohan
Editor: Maranatha Tobing