Tambang Emas Martabe Kembali Gelar Kompetisi Jurnalistik 2021

oleh -1.314 views
www.agincourtresources.com

POSMETROMEDAN.com – Tambang Emas Martabe (PT Agincourt Resources) kembali menggelar Kompetisi Jurnalistik ‘Tambang Emas Martabe 202’ bagi insan media di Sumatra Utara.

Dalam kompetisi yang digelar untuk kelima kalinya ini, PTAR mengundang para jurnalis di Sumatra Utara untuk mengikutsertakan karya jurnalistik berupa feature news dan laporan mendalam (in-depth reporting) bertema “Melestarikan Lingkungan Demi Masa Depan.”

Senior Manager Corporate Communications PTAR Katarina Siburian Hardono menyatakan pagelaran Kompetisi Jurnalistik Tambang Emas Martabe 2021 ini dimaksudkan untuk mengapresiasi para jurnalis media massa di Sumatra Utara yang selama ini mendukung operasional Tambang Emas Martabe melalui karya-karya jurnalistiknya.

“Rekan-rekan jurnalis selama ini merupakan salah satu pemangku kepentingan utama PTAR bersama Pemerintah, masyarakat dan institusi lainnya untuk mendampingi dan mengawasi Perusahaan mewujudkan komitmen tata kelola  pertambangan yang bertanggung jawab,” kata Katarina.

“Tanggal 24 Juli 2022 nanti genap sepuluh tahun Tambang Emas Martabe beroperasi penuh. Selama ini kami merasakan benar perhatian,dukungan dan kepedulian rekan-rekan media,” kata dia.

Terkait tema yang dipilih, Katarina menjelaskan, selama hampir sepuluh tahun beroperasi, Tambang Emas Martabe yang dikelola oleh PTAR secara konsisten menjalankan praktik pertambangan berkelanjutan dan berkelas dunia. Tambang Emas Martabe dikelilingi oleh hutan, saluran air, pertanian, dan pemukiman. Perlindungan lingkungan adalah salah satu prioritas tertinggi perusahaan.

BACA JUGA..  Wujudkan Medan Sebagai Medical Tourism, Bobby Minta Dukungan PDGI

PTAR memahami dampak operasi penambangan terhadap keanekaragaman hayati,dan dalam seluruh aspek operasional PTAR tetap merujuk pada pengembangan Kode Praktik Perlindungan Keanekaragaman Hayati. “Kami selalu berkomitmen menerapkan manajemen keanekaragaman hayati untuk meminimalkan dan bahkan menghindari dampak operasional,” Kata Katarina.

Ditambahkannya, upaya pelestarian lingkungan serta pengelolaan keanekaragaman hayati merupakan tanggung jawab bersama. Kerjasama sinergis antara perusahaan, masyarakat, Pemerintah dan institusi terkait lainnya sangatlah penting bagi tercapainya tujuan melestarikan lingkungan demi masa depan.

Katarina menjelaskan, Kompetisi  Jurnalistik Tambang Emas Martabe 2021 diperuntukkan bagi jurnalis di Sumatra Utara yang bekerja di media massa (cetak, online, dan elektronik). Media massa yang dimaksud adalah yang telah berbadan hukum dan terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham) serta direkomendasikan oleh Dewan Pers.

Karya jurnalistik yang bisa diikutsertakan merupakan karya orisinal dan mandiri, keasliannya dapat dipertanggungjawabkan, bukan saduran, bukan terjemahan, bukan rangkuman, tidak mengandung  suku, agama, ras dan antar golongan (SARA), tidak tergolong iklan komersial atau advertorial, dan belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan atau kompetisi jurnalistik lainnya.

BACA JUGA..  Wujudkan Medan Sebagai Medical Tourism, Bobby Minta Dukungan PDGI

Untuk masing-masing kategori, jurnalis dapat mengirimkan minimal satu dan maksimal tiga karya penulisan. Karya jurnalistik tersebut telah dipublikasikan di media massa masing-masing pada periode 7 Desember 2021 – 7 Januari 2022. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada awal Pebruari 2022.

Karya jurnalistik beserta persyaratan lainnya seperti data diri lengkap dan jelas; nama peserta, media massa, alamat kantor, nomor kontak yang bisa dihubungi, alamat email, scan KTP/SIM dan kartu pers yang masih berlaku dikirimkan melalui surat elektronik ke [email protected]

Dari seluruh karya jurnalistik yang masuk, akan dipilih tiga karya terbaik yang akan memperebutkan hadiah senilai total puluhan juta rupiah. Pajak dan biaya lainnya ditanggung oleh pemenang. Keputusan Dewan Juri terhadap pemenang tidak dapat diganggu gugat. Karya jurnalistik yang menjadi pemenang akan menjadi hak milik penyelenggara.

“Kami mengundang seluruh wartawan di Sumatra Utara untuk berpartisipasi dalam Kompetisi Jurnalistik Tambang Emas Martabe 2021 ini,” tutup Katarina.

Sekilas Tambang Emas Martabe

Tambang Emas Martabe dikelola dan dioperasikan oleh PT Agincourt Resources. Wilayah tambang mencakup area 30 km² yang berada dalam Kontrak Karya (KK) generasi keenam dengan total luas wilayah 1.303 km². Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Provinsi Sumatera Utata.

BACA JUGA..  Wujudkan Medan Sebagai Medical Tourism, Bobby Minta Dukungan PDGI

Tambang Emas Martabe mulai berproduksi penuh pada 24 Juli 2012 dan memiliki basis sumber daya per tanggal 31 Desember 2018 adalah 8,1 juta ounce emas dan 69 juta ounce perak. Kapasitas operasi Tambang Emas Martabe adalah lebih dari 5 juta ton bijih per tahun untuk memproduksi lebih dari 300.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak per tahun. PT Agincourt Resources melibatkan lebih dari 2.600 karyawan dan kontraktor, sekitar 98% di antaranya adalah warga negara Indonesia, dan lebih dari 70% berasal dari desa setempat.

PT Danusa Tambang Nusantara (PTDTN), adalah pemegang saham 95% dari PT Agincourt Resources. PTDTN merupakan anak usaha dari PT United Tractors Tbk. 60% dan PT Pamapersada Nusantara 40%, sekaligus merupakan bagian dari grup usaha PT Astra International Tbk. Kepemilikan saham 5% dimiliki  Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Provinsi Sumatera Utara. (*)

Editor: Maranatha Tobing
Sumber: PT Agincourt Resources

 

EPAPER