Tanam Ganja 26 Batang, 2 Pemuda Diamankan Satres Narkoba Polres Tanah Karo

oleh -369 views
Tim Satres Narkoba Polres Karo bersama w pemilik ganja di perladangan. (okky)

POSMETROMEDAN.com – Berawal dari adanya laporan masyarakat yang mencurigai adanya beberapa pemuda tengah melakukan bisnis narkotika jenis Ganja di lingkungannya, Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Karo berhasil menangkap 2 pemuda beserta tanaman ganja sebanyak 26 batang.

Tak ingin menyianyiakan informasi warga yang mengaku sudah resah atas tingkah laku kedua pemuda tersebut, personil Satres Narkoba Polres Tanah Karo langsung gerak cepat menangkap 2 pelaku laki-laki.

Pelaku pertama berinisial PS (31) pekerjaan Bertani, warga Desa Sempajaya Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, namun di kartu tanda penduduk, PS beralamat di Desa Sukanalu Kecamatan Namanteran Kabupaten Karo. Sementara pelaku kedua berinisial ES (26) pekerjaan Bertani, warga Desa Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, sementara alamat di kartu tanda penduduk tercatat sebagai warga Desa Sukanalu, Kecamatan Namanteran.

BACA JUGA..  Jual Sabu, Oknum Guru Divonis 9 Tahun Penjara 

Polisi berhasil menangkap keduanya dari salahsatu rumah di Desa Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Rabu, (04/08/2021) Sekira pukul 21.00 Wib.

Penangkapan terhadap 2 pemuda tersebut dibenarkan Kasat Narkoba Polres Tanah Karo AKP Henry DB Tobing SH melalui KBO Sat Narkoba Iptu Hendrik Tarigan.

“Dari hasil penggeledahan yang dilakukan, petugas menemukan barang bukti berupa Narkotika jenis ganja dalam keadaan basah meliputi ranting, daun dan biji ganja. Setelah ditimbang seberat netto 1900 gram, yang dibalut potongan kertas koran kemudian dibalut kembali dengan menggunakan plastik bening. Selanjutnya dimasukkan ke dalam goni plastik warna putih yang ditemukan di depan pintu depan rumah tempat terjadinya penangkapan,” ujar Iptu Hendrik Tarigan.

BACA JUGA..  Viral ! Preman Pungli di Tuntungan Gol 

Lebih lanjut dijelaskan Hendrik, “Selain itu ditemukan juga Narkotika jenis ganja dalam keadaan basah meliputi ranting, daun dan biji ganja setelah ditimbang seberat netto 1300 gram yang berada di dalam goni plastik warna putih di atas kamar mandi rumah tersebut,”.

“Setelah dilakukan penangkapan dilakukan introgasi terhadap kedua pelaku. Menurut pengakuan terduga tersangka berinisial PS kepada petugas, ia mengaku memperoleh ganja tersebut dari tanaman ganja yang ditanamnya sendiri di Desa Sempajaya, Kecamatan Berastagi, tepatnya di sebuah perladangan,”  tegasnya.

Malam hari sekira pukul 23.00 wib, setelah penangkapan keduanya, personel Satres Narkoba Polres Tanah Karo bersama sama dengan PS dan ES mendatangi perladangan tersebut. Di lokasi, kembali ditemukan barang bukti 26 (dua puluh enam) batang pohon ganja yang meliputi akar, batang, ranting, daun dan biji ganja dengan ketinggian antara 35 cm s/d 175 cm yang ada ditanam diperladangan tersebut.

BACA JUGA..  Rusak Jeruji Besi, 9 Nelayan Asing Bobol Tahanan PSDKP Belawan

Kamis tanggal 05 Agustus 2021 sekira pukul 08.30 wib, personel Satres Narkoba, bersama terduga tersangka pemilik narkotika jenis ganja PS dan ES didampingi oleh perangkat desa Sempa Jaya melakukan pencabutan terhadap 26 (dua puluh enam) batang pohon ganja.

“Usai menemukan dan mengamankan barang bukti,  personel Satres Narkoba Polres Tanah Karo membawa PS dan ES, beserta barang bukti ke Satresnarkoba Polres Tanah Karo guna proses penyidikan lebih lanjut,” beber KBO Sat Res Narkoba Polres Tanah Karo Iptu Hendrik Tarigan. (okky)

EPAPER