Agincourt Resources Salurkan Beasiswa Martabe Prestasi Tahun 2021/2022 Senilai Rp1,51 Miliar

oleh -268 views
Perwakilan Manajemen PTAR, perwakilan tokoh masyarakat dan perwakilan penerima Beasiswa Martabe Prestasi berfoto bersama usai acara penganugerahan Beasiswa Martabe Prestasi 2021, Kamis (5/8). (Ist/posmetro)

POSMETROMEDAN.com – PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe kembali menyalurkan Beasiswa Martabe Prestasi tahun ajaran 2021/2022 senilai Rp1,51 miliar kepada 246 pelajar dan mahasiwa berprestasi.

Penganugerahan Beasiswa Martabe Prestasi 2021/2021 digelar di gedung amphitheater Sopo Daganak, Kecamatan Batangtoru, Tapanuli Selatan, Kamis (5/8) dihadiri perwakilan Manajamen PTAR, Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan, Cabang Dinas Pendidikan Padangsidimpuan, Muspika Batangtoru dan Muara Batangtoru serta perwakilan para orang tua dan tokoh masyarakat setempat.

Rahmat Lubis, General Manager Operations PTAR menyatakan program Beasiswa Tambang Emas Martabe atau disebut Beasiswa Martabe Prestasi merupakan salah satu program unggulan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di bidang Pendidikan yang dilaksanakan oleh PTAR.

Program ini bertujuan meningkatkan akses pendidikan bagi anak-anak berprestasi serta memiliki komitmen tinggi yang berasal dari keluarga kurang mampu di Kecamatan Batangtoru & Kecamatan Muara Batangtoru untuk mencapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

“Proses penerimaan Beasiswa Martabe Prestasi Tahun 2021 telah dimulai sejak Februari 2021, di mana seleksi dan penetapan penerima beasiswa selesai pada 25 Juli 2021, dengan jumlah penerima dari berbagai tingkatan SD hingga Perguruan Tinggi sebanyak 188 siswa. 58 orang lainnya adalah penerima beasiswa lanjutan, sehingga total penerima beasiswa tahun ini mencapai 246 pelajar dan mahasiswa dengan nilai Rp 1,516,960,000,” kata Rahmat.

Rahmat menjelaskan Program Beasiswa Martabe Prestasi yang dimulai sejak 2017 telah sukses diselenggarakan hingga tahun ini dengan total jumlah penerima di semua jenjang sebanyak 967 orang siswa serta total beasiswa yang disalurkan mencapai Rp 3.666.895.000,- “Harapan kami melalui Beasiswa Martabe Prestasi ini dapat memotivasi pelajar dan mahasiswa agar dapat menjadi inspirasi bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya, dengan menjadi orang sukses yang dapat berkontribusi untuk kemajuan Batangtoru, Muara Batangtoru, Tapanuli Selatan dan juga Sumatra Utara,” kata Rahmat.

BACA JUGA..  Terbukti Lakukan Penipuan dan Penggelapan, Kepala Puskesmas Binjai Divonis Dua Tahun
General Manager Operations PT Agincourt Resources, Rahmat Lubis, memberikan secara simbolis Beasiswa Martabe Prestasi 2021 kepada salah satu siswi penerima beasiswa, Kamis (5/8). (Ist/posmetro)

Dijelaskan, Program Beasiswa Martabe Prestasi dibagi kedalam Tiga Kategori yaitu: Pertama, Penghargaan Prestasi Akademis (PPA) yang diperuntukan bagi siswa-siswi SD/Sederajat dan SMP/Sederajat yang berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu. Bantuan diberikan satu kali berupa barang-barang keperluan sekolah atau melunasi tunggakan dari siswa ke sekolah.

Kedua, Penghargaan Prestasi Berkelanjutan (PPB) diperuntukkan bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas/Sederajat, Mahasiswa Diploma III atau D3 dan Mahasiswa Strata-1 atau S1 berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu. Bantuan diberikan setiap tahun hingga batas waktu dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan melalui Panitia Martabe Prestasi.

Ketiga, Penghargaan Prestasi Berkelanjutan Khusus (PPB Khusus) yang diperuntukan bagi siswa-siswi dari keluarga kurang mampu yang diterima di Sekolah unggulan tingkat SMA yang telah ditetapkan oleh Panitia Martabe Prestasi. “Pada  tahun 2021 ini ada 4 sekolah unggulan tingkat SMA yang kami targetkan yaitu SMAN 2 Balige, SMA Unggul DEL, SMA N 1 Matauli Pandan,dan SMA N 2 Plus Sipirok; di mana kami terus mencari peluang untuk mendorong lebih banyak siswa yang bisa masuk ke sekolah unggulan serta jika memungkinkan menambah sekolah unggulan yang ditargetkan,” kata Rahmat.

Sementara itu ke-246 penerima Beasiswa Martabe Prestasi 2021 terdiri dari 83 jenjang SD untuk Kategori Penghargaan Prestasi Akademis (PPA), 45 siswa jenjang SMP dengan Kategori Penghargaan Prestasi Akademis (PPA), 12 siswa jenjang SMA/sederajat untuk Kategori Penghargaan Prestasi Berkelanjutan (PPB), 17 siswa jenjang SMA untuk kategori Penghargaan Prestasi Berkelanjutan Khusus (PPB Khusus), 13 mahasiswa jenjang D3 & S1 PTN negeri dan swasta di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), dan 18 mahasiswa jenjang D3 & S1 PTN Negeri wilayah luar Tabagsel (Nasional).

BACA JUGA..  Sidang Sengketa Lahan PLTA Batangtoru Digelar, Agenda Keterangan 4 Saksi Tergugat

Penerima beasiswa jenjang SD/Sederajat akan mendapatkan manfaat berupa bantuan perlengkapan sekolah pada tahun ajaran baru, dengan nilai maksimal Rp.500.000 dan Rp.750.000 bagi siswa SMP/Sederajat. Bantuan ini diserahkan hanya satu kali pada tahun program berjalan.

Untuk siswa SMA/Sederajat sampai kelas XII (dua belas) akan mendapatkan Rp. 3.000.000/tahun; Bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan swasta di wilayah Tabagsel, sampai semester ke-6 (enam) akan mendapatkan Rp. 6.000.000/tahun; bagi mahasiswa S1 di Perguruan Tinggi negeri & swasta di wilayah Tabagsel, sampai semester ke-8 (delapan) akan mendapatkan Rp. 6.000.000/tahun ; bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan negeri nasional sampai semester ke-6 (enam) akan mendapatkan Rp. 12.000.000/tahun; Bagi mahasiswa S1 di Perguruan Tinggi Negeri sampai semester ke-8 (delapan) Rp. 12.000.000/tahun.

Senior Manager Corporate Communications, Katarina Siburian Hardono menambahkan Program Beasiswa Martabe Prestasi merupakan salah satu tanggung jawab sosial perusahaan untuk berkontribusi pada amanah konstitusi dalam pemberian akses pendidikan yang layak pada masyarakat yang membutuhkan khususnya di wilayah operasional perusahaan.

Bahkan dari lima sektor sasaran utama Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PTAR, Program Beasiswa menjadi salah satu target utama dalam pelaksanaan program PPM PTAR.

“Program Beasiswa Martabe Prestasi ini digagas untuk mengurangi angka putus sekolah bagi masyarakat lokal khususnya kelompok rentan dan keluarga miskin yang memiliki prestasi untuk mendapatkan pendidikan layak di semua tingkatan, mulai dari tingkat dasar sampai tingkat universitas dan PTAR berkomitmen untuk dapat secara konsisten melaksanakan program beasiswa ini setiap tahunnya,” kata Katarina.

BACA JUGA..  Lobu Sitompul Jauh dari NSHE

Katarina menyatakan Program Beasiswa Tambang Emas Martabe telah memberikan manfaat dan kontribusi nyata dalam menciptakan akses pendidikan layak bagi semua orang, khususnya di wilayah operasional perusahaan. Bahkan, program ini telah meraih penghargaan Didakta Pratama Unggul di ajang CSR Indonesia Awards 2021.

➡️ Sekilas Tambang Emas Martabe

Tambang Emas Martabe dikelola dan dioperasikan oleh PT Agincourt Resources. Wilayah tambang mencakup area 30 km² yang berada dalam Kontrak Karya (KK) generasi keenam dengan total luas wilayah 1.303 km². Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara.

Tambang Emas Martabe mulai berproduksi penuh pada 24 Juli 2012 dan memiliki basis sumber daya per tanggal 30 Juni 2020 adalah 7,6 juta ounce emas dan 66 juta ounce perak. Kapasitas operasi Tambang Emas Martabe adalah lebih dari 6 juta ton bijih per tahun untuk memproduksi lebih dari 300.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak per tahun. PT Agincourt Resources melibatkan lebih dari 3.000 karyawan dan kontraktor, sekitar 99% di antaranya adalah warga negara Indonesia, dan lebih dari 70% berasal dari desa setempat.

PT Danusa Tambang Nusantara (PTDTN), adalah pemegang saham 95% dari PT Agincourt Resources. PTDTN merupakan anak usaha dari PT United Tractors Tbk. 60% dan PT Pamapersada Nusantara 40%, sekaligus merupakan bagian dari grup usaha PT Astra International Tbk. Kepemilikan saham 5% dimiliki  Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Provinsi Sumatera Utara. (ril/red)

 

EPAPER