Warga Mabar Keluhkan Perusahaan Pengolah Pakan Ternak

oleh -62 views

EPAPER

POSMETROMEDAN.com – Puluhan warga Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli protes terhadap keberadaan PT Anugerah Prima Indonesia (API), perusahaan pengolah pakan ternak yang sudah sempat disegel beberapa waktu lalu, kembali beroperasi dan kembali menimbulkan aroma yang sangat busuk ke seluruh rumah warga setempat.

Perwakilan masyarakat Amruzal, warga Lingkungan 4, Pajak Sore Mabar, Kecamatan Medan Deli di mengungkapkan, persoalan polusi udara dari PT Anugerah Prima Indonesia (API) yang membuat warga terganggu sudah pernah dilaporkan dan di RDP kan. Ketika itu RDP dipimpin Ketua Komisi II Surianto (Butong). Dari hasil RDP sudah disepakati, jika perusahaan itu disegel oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan.

BACA JUGA..  Yayasan BKK Bagikan Sembako kepada  Penyapu Jalan Komplek Tasbih

“Keesokan harinya kita lihat sendiri perusahaan tersebut disegel,” katanya saat berorasi didepan gedung DPRD Medan, Senin (26/4).

Setelah itu, lanjutnya, yang mengherankan jalan di samping perusahaan itu dibuka dan tidak disegel. “Saya sempat bertanya kepada pihak perusahaan, kenapa jalan dari samping ini dibuka. Jawab mereka, ini uji coba. Lalu saya tanya lagi ini uji coba apa, ada alat yang baru atau tidak. Kalau uji coba seharusnya ada yang diperbaharui, ada yang ditambah untuk mengurangi bau limbah tersebut. Ternyata tidak ada respon, perusahaan tersebut tetap berproduksi,” tutur Amruzal menceritakan kronologisnya.

BACA JUGA..  Lagi, 59 Sepmor Knalpot Blong Diamankan Satlantas Medan

Lalu, sambungnya, saya jumpai camat dan saya sampaikan kenapa perusahaan itu bisa kembali berproduksi. Lalu camat perintahkan lurah dan kepling meninjau langsung dan saat itu ditutup.

Yang membuat warga kesal, di bulan puasa di mana warga ingin fokus beribadah, perusahan tersebut kembali berproduksi. “Di saat warga menjalankan tarawih, salat Subuh, baunya sungguh luar biasa,” cetusnya.

BACA JUGA..  PT Pegadaian Kanwil I Medan Bagi-bagi Takjil

Wakil Ketua Komisi II DPRD Medan Sudari yang menerima aspirasi masyarakat mengatakan pihaknya akan memanggil pihak terkait seperti warga setempat, PT API, PT KIM, PTSP. Dinas Lingkungan Hidup, Camat Medan Deli dan Lurah setempat. “Senin kita akan agendakan RDP dengan pihak-pihak tersebut,” pungkasnya. (ali)

EPAPER