MANDIRI SYARIAH

Akhyar Nasution Donor Darah Bersama PFI di Kampung Sejahtera

oleh -159 views

EPAPER

POSMETROMEDAN.com – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi ikut donor darah dalam kegiatan yang diselenggarakan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Medan dan Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (PPPKS) di pinggiran Sungai Babura Jalan KH Zainul Arifin, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kamis (4/2).

Selain Plt Wali Kota, donor darah yang digelar dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia  juga diikuti sekitar 150 peserta yang berasal dari warga Kota Medan, warga sekitar serta para jurnalis. Usai donor darah, seluruh peserta mendapatkan sertifikat sebagai ungkapan rasa terima kasih dan apresiasi atas kesediaan yang telah dengan rela mendonorkan darahnya.

Sebelum donor darah, Akhyar lebih dulu menjalani pemeriksaan tensi darah, hemoglibin (HB) serta golongan darah.  Setelah itu Akhyar berbaring di atas pembaringan yang telah disediakan,  petugas medis dari RSUP H Adam Malik dan palang Merah Indonesia (PMI) selanjutnya melakukan pengambilan darah.

Sebelum mendonorkan darahnya, Akhyar dalam sambutan singkatnya menyambut baik kegiatan donor darah yang  didukung  XL Axiata, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut, Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM), RSUP H Adam Malik Medan, Komunitas Blogger Medan, Vertical Rescue Indonesia (VRI) Sumut, Komunitas Berbagi Bersama Fakar, Majelis Ta’lim XL Axiata dan Ikatan Alumni SMEAN2/SMKN6 Medan tersebut.

BACA JUGA..  Membangun Desa dan Menata Kota, Pemprov Sumut Butuh Jurnalis

“Saya sangat mengapresisasi dan mengucapkan terima kasih atas digelarnya kegiatan sosial berupa donor darah ini. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat, terutama bagi saudara-saudara kita yang tengah membutuhkan darah. Insya Allah apa yang kita lakukan ini menjadi ladang amal bagi kita,” kata Akhyar.

Akhyar Nasution bersama pengurus Persatuan Fotografi Indonesia (PFI). (Ist/posmetro)

Kemudian Akhyar berharap agar tidak hanya donor darah, tapi kegiatan lain dapat digelar sehingga Kampung Sejahtera semakin maju dan berkembang. Apabila warga sekitar dapat terus digerakkan, Akhyar optimis Kampung Sejahtera akan ramai dikunjungi warga Kota Medan.  Terutama masalah kebersihan, Akhyar  ingin warga terus dimotivasi dan diedukasi untuk senantiasa hidup bersih dan tidak buang sampah sembarangan.

Guna mendukung kebersihan di kawasan tersebut, Akhyar pun minta kepada Lurah Petisah Tengah yang hadir dalam donor darah dapat berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan agar menyediakan sejumlah tempat sampah. Dengan demikian kebersihan Kampung Sejahtera selalu terjaga.

BACA JUGA..  Sekda Kota Medan Ikuti Pelantikan Walikota Secara Virtual

“Apabila kawasan ini bersih dan ditata lebih baik lagi, insya Allah jumlah warga yang mengunjungi Kampung Sejahtera akan lebih banyak. Selain bersih, warga sekitar juga harus dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengunjung. Jika jumlah pengunjung  yang datang semakin banyak, tentunya perekonomian warga sekitar akan menggeliat,” jelasnya.

Terakhir, Akhyar mengajak pengusaha, terutama yang ada di seputaran Kampung Sejahtera untuk mau memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk menata dan mempercantik Kampung Sejahtera agar semakin cantik  dan menarik sehingga mengundang  pesona warga Kota Medan datang mengunjunginya.

“Mari kita jadikan Kampung Sejahtera semakin cantik  dan menarik. Disamping itu buatlah pengunjung yang datang merasa aman dan nyaman. Yakinkan, Kampung Sejahtera akan maju dan berkembang,” ujrnya meyakinkan.

Sebelumnya, Ketua PFI Medan Rahmad Suryadi menjelaskan, kegiatan sosial ini dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia sekaligus rangkaian dari pelantikan dan rapat kerja PFI Medan yang akan digelar 27-28 Februari 2021. “Kami ingin memberikan kontribusi untuk anak-anak penderita kanker dan juga warga Kampung Sejahtera agar terus semangat untuk meraih cita-cita dan mimpi di masa depan,” terang Rahmad.

BACA JUGA..  Nawal Lubis Lantik Ketua TP PKK dan Dekranasda 10 Kabupaten/Kota

Melalui kegiatan donor darah ini, Rahmad menambahkan, mereka ingin merangkul jurnalis, komunitas dan perusahaan untuk ikut serta bersama-sama menjadikan Kampung Sejahtera menjadi lebih baik lagi. Selama ini, PFI Medan banyak melakukan kegiatan pengembangan masyarakat, melalui diskusi fotografi dasar untuk anak-anak hingga praktek langsung di lapangan. Dengan demikian anak-anak tersebut memiliki motivasi untuk terus berkembang.

Dalam kegiatan ini, protokol kesehatan 3M tetap diperhatikan dengan mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Hasil donor darah yang terkumpul akan disumbangkan langsung ke Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) untuk selanjutnya didistribusikan ke anak-anak penderita kanker.

Sedangkan Ketua P3KS, Aminurasid   mengungkapkan, selaku warga Kampung Sejahtera yang tergabung dalam P3KS, dirinya bersama warga lainnya sangat menyambut baik digelarnya kegiatan sosial berupa donor darah tersebut.

“Terlebih lagi darah yang didonorkan ini akan disumbangkan untuk membantu menyelamatkan nyawa orang lain, terkhusus para penderita Kanker, semoga apa yang menjadi niat baik kita diridhoi Allah,” harap Rasyid. (ali)