Upaya Penjegalan Soekirman-Tengku Ryan Gagal

oleh -7.210 views
KETERANGAN: Calon Bupati-Wakil Bupati, Ir H Soekirman dan Tengku Muhammad Ryan Novandi memberi keterangan kepada media usai menjalani debat perdana Pilkada Sergai di Medan, beberapa waktu lalu.(IST/POSMETRO MEDAN)

POSMETROMEDAN.com-Diduga karena tidak mampu bersaing secara sehat, berbagai upaya dilakukan untuk menghambat laju pasangan Calon Bupati Soekirman dan Tengku Muhammad Ryan Novandi (Beriman-Trendi). Usaha pihak-pihak yang tidak ingin keduanya maju di Pilkada Serentak Sergai 9 Desember mendatang, kandas. Duh!

Upaya penjegalan terakhir yang disetting lewat Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Medan, juga gagal. Saat itu, PTTUN Medan mengabulkan permohonan pasangan nomor urut 1 Darma Wijaya-Adlin Tambunan.

PTTUN menyatakan, SK Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sergai terkait penetapan pasangan nomor urut 2 sebagai peserta Pilkada batal. Putusan PTTUN Medan itu teregister dengan nomor 06/G/Pilkada/2020/PT TUN-MDN tertanggal 13 November 2020.

Menanggapi putusan PTTUN Medan tersebut, Komisi KPU RI mengeluarkan surat tertanggal 17 November 2020 no 1055/HK.06-SD/03/KPU/XI/2020 sebagai jawaban surat KPU Sumut no 1063/HK.06-SD/12/Prov/XI/2020 tertanggal 14 November 2020.

KPU Sumut sebelumnya mengirim surat kepada KPU RI terkait putusan PTTUN Medan no 06/G/Pilkada/2020/PT TUN-MDN tertanggal 13 November 2020.

Surat yang ditandatangani Ketua KPU RI Arief Budiman itu menyatakan, berdasarkan ketentuan Pasal 154 ayat (12) UU No.10 tahun 2016, di mana pada pokoknya memberikan batas waktu dalam menjalankan putusan pengadilan (PTTUN atau MA), paling lambat 30 hari sebelum hari pemungutan suara, maka putusan PTTUN Medan no 06/G/Pilkada/2020/PT TUN-MDN tertanggal 13 November 2020 telah melewati batas waktu tersebut.

BACA JUGA..  PP 59 Sergai Dukung Beriman-Trendi, Soekirman Yakin Sustainability Organisasi akan Panjang

KPU RI juga menyatakan untuk menjamin kepastian hukum dalam penyelenggaraan pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati dan Wali Kota-Wakil Wali Kota, maka putusan PTTUN Medan berdasarkan ketentuan Pasal 154 ayat (12) UU No.10 tahun 2016 tidak dapat dilaksanakan.

Berkenaan dengan penjelasan tersebut, KPU Sergai segera mengadakan rapat pleno dalam rangka tindak lanjut putusan PTTUN Medan yang pokoknya menyatakan Putusan PTTUN Medan tidak dapat dilaksanakan berdasarkan ketentuan Pasal 154 ayat (12) Undang-Undang No 10 tahun 2016.

“Yah, itulah upaya yang dilakukan untuk menghempang saya. Wajar, karena saya juga maju dengan perjuangan yang cukup besar,” ujar Soekirman kepada wartawan, Kamis (19/11).

“Sejak awal, saya sudah diganjal dan saat ini upaya itu gagal mengingat sejumlah acuan yang menjadi dasar pelaksanaan Pilkada,” sambungnya.

BACA JUGA..  Berkas Penembakan Anggota Polisi di Medan Dikirim Ke Jaksa

Dirinya juga berterima kasih kepada pihak yang menggugatnya di PTTUN. Pasalnya, gugatan tersebut justru melahirkan empati yang sangat besar kepada dirinya untuk maju di Pilkada Sergai.

“Masyarakat semakin tahu siapa sebenarnya yang serius dengan niat tulus melanjutkan pembangunan di Sergai dan siapa yang gila jabatan. Masyarakat semakin banyak memberikan doa dan dorongan kepada saya untuk optimis menang. Dan itu terlihat nyata,” ujar Soekirman.

“Karena kita berdemokrasi, kita tidak pernah menghempang siapapun maju di Pilkada Sergai. Kita tau, rakyat hakim yang andal untuk menentukan pemimpinnya,’’ ujar Soekirman.

Lanjutkan! Lanjutkan!

Sementara, Calon Wakil Bupati Sergai nomor urut 2 Tengku Muhammad Ryan Novandi mengunjungi Desa Penggalangan, Dusun VI, Kamis (19/11). Warga sangat antusias menyambut kedatangan Tengku Ryan sekira pukul 15.00 WIB.

“Lanjutkan! Lanjutkan! Lanjutkan!” pekik warga berkali-kali menyambut kedatangan Tengku Ryan.

Kopi dan ubi goreng disiapkan warga untuk menjamu Tengku Ryan. Jamuan warga yang sederhana, malah membuat Tengku Ryan merasa makin dekat dengan masyarakat.

BACA JUGA..  Menteri Edy Prabowo dan Istri Ditangkap KPK Sepulang dari AS

“Beginilah kami Pak Ryan. Kopi, ubi dan kehadiran bapak sudah cukup bagi kami untuk mengobati rasa penasaran untuk bertemu calon wakil bupati yang kami dukung,” ujar Agus, salahsatu warga.

MENCICIPI : Calon Wakil Bupati Sergai nomor urut 2, Tengku Muhammad Ryan Novandi mencicipi ubi goreng dan kopi yang dipersiapkan khusus untuk menjamunya.(IST/POSMETRO MEDAN)

Dalam kesempatan ini, Tengku Ryan juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada masyarakat yang sangat antusias menyambutnya.

“Dari lebih 200 desa saya kunjungi, kali ini terasa berbeda. Karena kalau biasanya saya harus terburu-buru karena harus ke titik selanjutnya, satu hari saya bisa 8 sampai 10 titik untuk bertemu masyarakat,” tutur Tengku Ryan.

“Namun kali ini ubi dan kopi mampu membuat saya sedikit rileks dari jadwal padat saya bertemu masyarakat,” sambungnya sambil tertawa.

Dalam kunjungannya, Tengku Ryan menyampaikan kalau dirinya mengajak bersama seluruh elemen relawan dan masyarakat mengawal tempat pemungutan suara (TPS).

“Agar pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Serdangbedagai tahun 2020 ini berjalan kondusif dan jujur untuk kepentingan masyarakat,” pungkasnya.(bbs)