Aiptu Irwansah, Polisi yang Belikan Masker Pebetor Saat Ops Yustisi

oleh -133 views
PASANG MASKER : Aiptu Irwansyah dari Unit IV Sat Intelkam Polres Labuhanbatu (kanan) saat memakaikan masker yang dibelikannya kepada pebetor. (Niko Rambe)

POSMETROMEDAN.com – Polres Labuhanbatu beserta tim gabungan dari Kodim 0209/LB dan Satpol PP Labuhanbatu menggelar Operasi Yustisi dibilangan Jalan MH Thamrin Rantauprapat, Jumat (25/9) lalu atau tepatnya diantara simpang jalan Sekip dan jembatan Kota Rantauprapat.

Sekilas, operasi bertujuan menekan penyebaran Covid-19 tersebut, biasa saja layaknya operasi di wilayah lainnya. Namun, belakangan, beredar video seorang anggota kepolisian memberikan uang kepada seorang pengemudi becak bermotor (Pebetor) yang kebetulan tidak mengenakan masker.

Dalam video berdurasi 02.04 detik itu, terlihat seorang petugas mengenakan baju kemeja putih dan celana panjang hitam meminta seorang pengendara betor agar menepi ke pinggir badan jalan.

BACA JUGA..  Kemenperin : Solusi Tepat Dimasa Pandemi Covid-19 Gunakan Teknologi Informasi

Sesaat sebelum menepi, petugas berbadan tegap itu bertanya kenapa pengemudi betor tidak mengenakan masker. Sedikit gugup, pengemudi betorpun membuka helmnya dan meraba-raba kedua saku celana pendek yang dikenakannya.

“Kenapa tak pakai masker, bapak tak ada masker, bapak turun, pak kita menjaga semua masyarakat agar terhindar dari Covid,” begitu ucapan petugas yang belakangan diketahui ternyata dia Aiptu Irwansyah dari Unit IV Sat Intelkam Polres Labuhanbatu.

BACA JUGA..  Anjing Pelacak Sabhara Polda Coba Endus Tiga Bocah Hilang di Langkat

Tanpa menunggu lama, Aiptu Iwan merogoh dompetnya sembari membuka dan memberikan selembar uang kepada pebetor. “Bapak turun, beli masker disitu. Kalau tak ada duit, biar saya belikan,” ujarnya sambil menundukkan kepalanya.

Saat membeli, Iwan Tarigan pun kerap mendampingi pebetor hingga kembali naik ke atas betornya. Secara perlahan, Aiptu Iwan Tarigan membuka masker serta langsung memakaikannya kepada pengemudi betor.

Usai memakaikan maskernya, kembali Aiptu Iwan Tarigan menundukkan kepalanya disaat-saat pengemudi betor akan beranjak meninggal kerumunan petugas yang melaksanakan operasi yustisi tersebut.

BACA JUGA..  4 Warga Aceh Gagal Antar 6 Kilogram Sabu ke Jambi

Ditemui wartawan, Selasa (29/9), Aiptu Iwan Tarigan mengaku bahwa kebijakan itu merupakan sebuah upaya penyadaran akan pentingnya mengenakan alat pelindung diri dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19.

“Ha, ha, ha, biasa itu bang, upaya penyadaran. Kita berharap semua tetap berupaya menghempang sebaran virus berbahaya ini. Kalau tidak kita, siapa lagi, kalau tidak sekarang, kapan lagi,” terangnya. (nik)