HUT NAGAN RAYA

Kurangi Pelintas Ilegal, Ini yang Dilakukan Satgas Pamtas Yonif Raider 100/PS

oleh -2.589 views

POSMETROMEDAN.com – Satgas Pamtas Yonif Raider 100/Prajurit Setia (PS) melakukan sweeping di jalan lintas Kampung Wambes, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Minggu (23/8/2020).

Kegiatan yang dipimpin Komandan Pos Wambes, Letda Inf Alan Mahendra ini bertujuan untuk mengurangi pelintas ilegal yang masuk ke Indonesia maupun yang keluar.

“Kita cek paspor dan barang-barang bawaannya, untuk mengantisipasi pelintas batas ilegal yang masuk atau meninggalkan wilayah Negara Kesatua Republik Indonesia (NKRI),” Komandan Pos Wambes, Letda Inf Alan Mahendra.

“Selain itu untuk mengantisipasi penyelundupan barang, baik dari dalam maupun dari luar NKRI yang disembunyikan dalam kendaraan maupun pada barang bawaan pelintas batas,” pungkasnya.

BACA JUGA..  Banyak Untung, Booking Servis Honda Jadi Tren 

Dansatgas Yonif Raider 100/PS, Mayor Inf Muhammad Zia Ulhaq mengatakan kegiatan sweeping perlu rutin dilakukan.

Selain memastikan situasi tetap aman, juga mencegah adanya barang atau orang yang akan melintas sesuai dengan aturan dan menggunakan dokumen yang lengkap.

“Kegiatan ini adalah tugas pokok Satgas Pamtas Yonif Raider 100/PS dan merupakan kegiatan rutin untuk menjaga wilayah kedaulatan NKRI,” ujar Mayor Zia.

BACA JUGA..  Gubernur Sumut Kukuhkan Arif Sudarto Jadi Pjs Walikota Medan

“Dan dalam setiap kegiatan harus mendahulukan faktor keamanan dan keselamatan personel dan materil,” pungkasnya.

Sisir Perkampungan

Keesokan harinya, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 100/Prajurit Setia (PS) Pos Kotis menggelar patroli keamanan di Kampung Wonorejo, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Senin (24/8/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaga kondisi stabilitas keamanan serta menumbuhkan rasa aman bagi warga masyarakat Papua, khususnya di wilayah kampung Wonorejo.

“Sehingga masyarakat dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan nyaman,” ujar Komandan Pos Kotis, Letda Inf Tommy Pradana.

BACA JUGA..  Hujan 1 Jam Kota Medan Banjir Parah

Terkait situasi yang terjadi akhir-akhir ini, sebagai prajurit pihaknya harus waspada terhadap situasi yang sedang terjadi. Tidak boleh terlena dengan keadaan.

“Patroli keamanan yang kita laksanakan ini merupakan bagian dari orientasi kami sebagai pendatang baru. Sekaligus bermaksud memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga sekitar kami,” jelas Letda Tommy.

Patroli keamanan yang akan dilaksanakan secara berkelanjutan ini merupakan tanggungjawab sekaligus pengabdian yang harus dikerjakan dengan tulus dan ikhlas.

“Demi menjaga tegaknya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.(ril)