Perawatan Cerdas Jadikan Motor Sehat dan Awet

  • Whatsapp

POSMETROMEDAN.COM – Sepeda motor saat ini menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting bagi masyarakat terutama di era new normal.

Pasalnya sepeda motor merupakan alat transportasi yang praktis dan efisien dalam menjalani aktivitas harian yang mengharuskan untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Bacaan Lainnya

Namun, penggunaan sepeda motor juga sebaiknya dibarengi dengan pengetahuan tentang cara melakukan perawatan yang baik dan benar. Karena dengan motor yang terawat dengan baik dan memiliki performa yang maksimal, maka aktivitas akan berjalan dengan lancar dan mendukung keselamatan si pengendara saat berkendara di jalan raya.

Menyikapi hal tersebut, PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wiayah Sumut untuk kesekian kali menunjukkan kepeduliannya untuk membekali para pecinta setianya dengan berbagai pengetahuan seputar menjaga dan merawat motor agar tetap awet.

Pertama, Disarankan untuk selalu mengisi bahan bakar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang tentunya akan lebih aman dan terpercaya. Karena kualitas bensin ternyata sangat mempengaruhi kualitas mesin motor hingga dapat menghasilkan performa yang maksimal.

Selanjutnya, untuk sepeda motor Honda yang saat ini sudah mangadopsi sistem injeksi, fungsi baterai sangatlah penting untuk mengontrol berbagai komponen kelistrikan, mulai dari control bahan bakar, pengapian dan lainnya. Karenanya penting untuk melakukan perawatan rutin pada baterai motor yang dapat dilakukan dengan cara membersihkan terminal positif dan terminal negatif yang ada pada baterai.

Setelah itu pastikan juga untuk rutin memeriksa kondisi sejumlah part yang ada pada motor, seperti halnya ban yang tidak botak, rem yang masih berfungsi dengan baik, rantai yang tidak kendor, busi yang kondisinya masih bagus, serta penyetelan kopling yang benar.

Mengganti oli secara berkala juga menjadi hal yang penting dilakukan. Dimana, oli mesin merupakan pelumas yang menjaga gesekan berlebih dan dapat membuat mesin kendaraan lebih awet. Karena itu, pengguna motor Honda sangat disarankan mengganti oli secara teratur sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku, dan menggunakan Oli yang terjamin kualitas dan keasliannya.

Hal penting lainnya yaitu melakukan servis rutin sesuai jadwal perawatan berkala untuk memastikan semua komponen motor Honda bekerja dengan optimal. Sangat baik lagi jika perawatan dilakukan di bengkel resmi Honda yang telah didukung oleh mekanik yang handal dan tentunya profesional.

Erwin Chandra, Instruktur Technical Training PT Indako Trading Coy mengungkapkan, pemeriksaan dan perawatan secara berkala akan mempertahankan performa mesin dan fungsi komponen pendukungnya selalu dalam keadaan optimal. Di sisi lain, Perawatan secara teratur membuat berkendara lebih aman dan nyaman, dan akan memperpanjang usia pakainya.

Sementara itu Gunarko Hartoyo, Corporate and Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy mengungkapkan, sepeda motor yang dirawat secara teratur akan menjadikan kondisi dan performa motor tetap optimal.

“Jangan tunda untuk lakukan konsultasi atau pemeriksaan ke bengkel resmi Honda, AHASS jika ada bagian motor yang dirasa kurang baik, sehingga keamanan, kenyamanan berkendara tidak akan terganggu dan performa motor akan selalu prima,“ ujarnya. (ril/bdh)

Pos terkait